PERENCANAAN TEKNIS PEMBANGUNAN JARINGAN DISTRIBUSI AIR BERSIH DI DESA BERINGIN AGUNG KEC. SAMBOJA KAB. KUTAI KARTANEGARA

LA DARMANSUL

Abstract


Air bersih merupakan suatu hal yang sangat penting karena air bersih selalu dibutuhkan dalam keseharian manusia. Penggunaan air bersih tak hanya sebatas kebutuhan rumah tangga saja, tetapi kebutuhan air bersih juga menyangkut fasilitas umum dan pelayanan publik lainnya. Peningkatan kebutuhan air bersih tak terhindarkan baik dari segi kualitas dan kuantitas karena jumlah penduduk yang terus meningkat.

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui jumlah penduduk dan kebutuhan air bersih di Desa Beringin Agung Kec. Samboja Kab. Kutai Kartanegara pada tahun 2022 dan kebutuhan debit pada tahun proyeksi, kemudian untuk mengetahui daya pompa intake maupun distribusi dan diameter pipa yang digunakan untuk pendistribusian air bersih ke rumah warga dan fasilitas umum yang berada di Desa Beringin Agung Kec. Samboja, kemudian untuk mengetahui kehilangan tekanan pada pipa distribusi.

Dari hasil perhitungan, didapat jumlah penduduk pada tahun 2022 sebesar 1868  jiwa dengan kebutuhan air bersih sebesar 10 lt/dtk. Dengan besarnya kebutuhan air tersebut maka daya pompa intake yang digunakan adalah 1.938 Kw dan 1.044 Kw untuk pompa distribusi. Kemudian dari hasil analisa pipa distribusi di dapat ukuran pipa berdiameter 150 mm Dan diketahui kehilangan tekanan energy pada pipa distribusi sebesar 1.15 Bar.


Keywords


Pertumbuhan penduduk, kebutuhan air bersih, pompa intake dan distribusi, diameter pipa distribusi dan kehilangan tekanan.

Full Text:

pdf

References


Soufyan Moh.Noerbambang, Takeo Morimura., Perencanaan Dan Pemeliharaan Sistem Plambing.

DPU, Kebijaksanaan Operasional Program Air Bersih, Direktorat Jendral Cipta Karya.

Buku Pedoman Teori dan Konsep (Sistem Penyaluran Air Minum) Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya,2010.

Halim, Firdaus. 2007. Perencanaan Teknis Sistem Pengolahan Air Baku Menjadi Air Bersih Di Desa Bukit Raya L1, Kab. Kutai Kartanegara.

Try, Joko. 2010. Unit Air Baku Dalam Sistem Penyediaan Air Minum, Graha Ilmu

Try, Joko. 2010. Unit Produksi Dalam Sistem Penyediaan Air Minum, Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012