STUDI ALTERNATIF FLAT SLAB PADA GEDUNG HOTEL GRAND SAWIT SAMARINDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PORTAL EKIVALEN

SUR YANA

Abstract


Flat slab merupakan system pelat dengan prinsip menggantikan fungsi balok sepanjang garis kolom dengan pelat lantai, sedangkan balok tepi boleh tetap diadakan. Flat slab mempunyai kekuatan geser cukup dengan adanya drop panel atau kepala kolom atau keduanya.

Tujuan perencanaan ini adalah untuk mengetahui hasil dari sistem flat slab dengan metode portal ekivalen sekaligus perbandingan volume kebutuhan beton terhadap kondisi sebenarnya yaitu pelat dengan balok-balok biasa.

Pada penulisan ini, flat slab direncanakan dengan menggunakan metode portal ekivalen. Metode ini merupakan pendekatan dari rangka sesungguhnya yaitu rangka portal tiga dimensi menjadi rangka portal dua dimensi pada bidang kolom.  Sistem pendekatan ini mengharuskan adanya hubungan antara kolom dengan lajur pelat yaitu pemindahan kekuatan lentur dari pelat ke ujung komponen yang bertemu dengan kolom.

Hasil dari perencanaan flat slab ini adalah : dimensi pelat atau tebal pelat (12 cm) ; tebal drop panel untuk pelat lantai (3 cm); panjang drop panel dari sumbu kolom ke sisi luar drop panel (75 cm ) ; volume kebutuhan beton lebih ekonomis daripada pelat dengan balok biasa. Pada perencanaan flat slab ini, diperoleh kelebihan yaitu dari segi artistik nampak lebih bagus, dan mudah diatur sesuai kebutuhan pada penyelesaian akhirnya.


Keywords


flat slab (drop panel dan kepala kolom)

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012