Study Kajian Kapasitas Kolam Retensi Pada Kawasan Rumah Sewa Kelurahan Mangkurawang Kecamatan tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara

FANNY JULIAN

Abstract


Tenggarong merupakan sebuah kecamatan yang menjadi ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara, Sacara geografis, Kecamatan Tenggarong terletak di posisi antara 116o 47’ BT – 117o 04’ BT dan 0o 21’ LS – 0o 34’ LS.

Wilayah Tenggarong berbatasan dengan Kecamatan Sebulu di bagian utara dan barat, Kecamatan Tenggarong Seberang di timur serta Kecamatan Loa Kulu di sebelah selatan.

Kecamatan Tenggarong memiliki luas sebesar 398.10 km2dengan jumlah penduduk mencapai 128.211 (April 2014).Sedangkan kepadatan penduduk mencapai 322 penduduk / km2.

Kecamatan Tenggarong secara administrative terbagi dalam 14 kelurahan yakni , Kelurahan Baru, Bukit Biru, Jahab, Loa Ipuh, Loa Ipuh Padat, Loa Tebu, Mahulu, Mangkurawang, Melayu, Panji, Rapak Lembur, Sukarame, Timbau, dan Bendangraya.

Kelurahan Mangkurawang Kawasan Rumah Sewa merupakan daerah padat penduduk, dan saat ini sedang  berkembang . Seiring dengan perkembangan kota pada umumnya, Kecamatan Tenggarong sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian ini, juga mengalami permasalahan bertambahnya jumlah penduduk sehingga banyak terjadi permukiman dimana - mana. Hal ini menyebab kan banyak daerah resapan yang berubah fungsinya. 


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012