STUDI KELEBIHAN MUATAN KENDARAAN ( OVERLOAD ) TERHADAP PENURUNAN UMUR RENCANA JALAN PADA RUAS JALAN SAMARINDA BALIKPAPAN

SAF RY

Abstract


Safry, Studi kelebihan muatan kendaraan ( overload ) terhadap penurunan umur rencana jalan pada ruas jalan Samarinda Balikpapan, di bawah bimbingan Rosa Agustaniah, ST., M.T dan Suratmi, ST., M.T.

Di jalan Samarinda Balikpapan banyak ditemuakan kendaraan yang bermuatan lebih, hal itu akan menyebabkan kerusakan dini pada perkerasan jalan dan akan mengurangi umur rencana perkerasan jalan. Berdasarkan hal itu perlu dilakukan studi pengaruh muatan lebih terhadap umur rencana perkerasan jalan pada ruas jalan Samarinda Balikpapan.

Untuk mengetahui seberapa besar penurunan umur rencana dan sisa umur rencana jalan dilakukan analisa dan perhitungan data timbang muatan sumbu terberat (MTS) di lapangan, mengetahui sumbu dan distribusi beban kendaraan, menganalisa perhitungan lintas ekivalen rencana (LER) muatan normal, lalu lintas harian rata-rata awal umur rencana (LHRo), lalu lintas harian rata-rata ahir umur rencana (LHRn), lintas ekivalen permulaan (LEP)umur rencana, lintas ekivalen akhir umur rencana (LEAn), lintas ekivalen tengah (LET), lintas ekivalen rencana (LER), perhitungan lintas ekivalen rencana (LER) akibat muatan lebih di lapangan, menghitung LHR akhir (LHRn).

Dari analisa dan perhitungan penurunan umur rencana perkerasan jalan akibat muatan lebih. tersebut di dapat penurunan umur rencana jalan selama 8,6 tahun dari umur rencana 10 tahun, dengan demikian sisa umur rencana menjadi 1,3 tahun.

Keywords


Jalan raya, muatan berlebih (Overload), umur rencana

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012