PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH PADA RUAS JALAN BALIKPAPAN - SAMARINDA KM. 54 PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

RONI WONGKAR

Abstract


Seiring pesatnya perkembangan pembangunan, dan meningkatnya jumlah kendaraan serta ketidak mampuan Ruas Jalan Balikpapan – Samarinda Km. 54 untuk mengakses arus lalu lintas serta meningkatnya intensitas Curah Hujan yang tinggi  maka sering terjadi Longsoran di ruas jalan Balikpapan - Samarinda KM 54 oleh karena itu perencanaan penanganan longsoran harus dilaksanakan.

            Perhitungan Struktur pada Dinding Penahan Tanah Penanganan Longsoran Ruas Jalan Balikpapan – Samarinda Km. 54 dihitung, sesuai data-data akurat di lapangan, data laboraturium. dengan tujuan perhitungan mencapai nilai yang konstan yaitu pada nilai maksimumnya karena faktor utama dalam penanganan longsoran ini adalah standar teknis dan kemudian dihubungkan dengan faktor keamanan.

            Sehingga kerawanan daerah longsoran khususnya di Ruas Jalan Balikpapan – Samarinda Km. 54 khususnya dapat terpecahkan dengan adanya Penanganan Longsoran dengan menggunakan Struktur Dinding Penahan Tanah, diharapkan penanganan longsoran dengan menggunakan metode ini dapat mengatasi masalah Longsoran-longsoran di daerah lain bukan hanya di Ruas Jalan Balikpapan – Samarinda Km. 54 saja, tetapi di daerah-daerah lain yang ada di Indonesia khususnya di Kalimantan Timur. 

            Pengamatan di lapangan menunjukan bahwa pengetahuan di bangku kuliah banyak dilengkapi dengan pengetahuan dan wawasan di lapangan.


Keywords


Longsoran (Retaining Wall)

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012