ANALISIS KERUSAKAN DAN STRATEGI PENANGANAN RUAS JALAN SAMARINDA - BONTANG
Abstract
Ruas Jalan Samarinda -
Bontang termasuk dalam jalan
Nasional di Provinsi Kalimantan
Timur. Perkerasan di lokasi ini sudah
banyak yang mengalami kerusakan
seperti cracking dan
patching/potholes. Seiring dengan
berjalannya waktu, jalan raya yang
terdiri dari lapisan perkerasan akan
mengalami penurunan tingkat
pelayanan. Menurunnya tingkat
pelayanan jalan ditandai dengan
adanya kerusakan pada lapisan
perkerasan jalan, kerusakan yang
terjadi juga bervariasi pada setiap
segmen di sepanjang ruas jalan dan
apabila dibiarkan dalam jangka
waktu yang lama, maka akan dapat
memperburuk kondisi lapisan
perkerasan sehingga dapat
mempengaruhi keamanan,
kenyamanan, dan kelancaran dalam
berlalu lintas.
Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi jenis kerusakan
jalan dan tingkat kerusakan jalan
berdasarkan nilai Pavement
Condition Index (PCI), berdasarkan
nilai prioritas Direktorat Jenderal
Bina Marga dan Manual
Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan
Nasional dan Jalan
Propinsi.Penelitian dilakukan
dengan mencari data primer dengan
mengukur luasan masing-masing
kerusakan dengan menggunakan
mistar . Data sekunder didapat dari
Dinas Pekerjaan Umum, Penataan
Ruang dan Perumahan Rakyat
Propinsi Kalimantan Timur Bidang
Bina Marga.
Berdasarkan hasil evaluasi
kondisi perkerasan jalan Samarinda -
Bontang (Sta.0+000 sampai dengan
Sta.21+000), Pavement Condition
Index (PCI) sebesar 83.75 untuk ratarata
secara keseluruhan berdasarkan
rating nilai PCI antara 71 s/d 85
dalam kondisi (sangat baik) dan nilai
yang diberikan oleh Bina Marga
sebesar 8.97 berdasarkan nilai
prioritas bina marga antara 7 s/d 10
maka dilakukan pemeliharaan rutin.
Keywords
Full Text:
pdfReferences
AASHTO, 1986, Guide for Design of
Pavement Structures,
Washington DC
Agus Suwandi, Wardhani Sartono,
Hary Cristady H,
Evaluasi Tingkat
Kerusakan Jalan
Dengan Methode
Pavement Condition
Index (PCI) untuk
Menunjang
Pengambilan
Keputusan (Studi
Kasus : Jalan Lingkar
Selatan, Yogyakarta),
Yogyakarta
Alik Ansyori Alamsyah, Ir., 2006
Rekayasa Jalan Raya
, Universitas
Muhammadiyah
Malang
David H.
Penny,http://dilihatya.
com/1594/pengertianpenelitian-
menurutpara-
ahli
Dinas Pekerjaan Umum Penataan
Ruang dan Perumahan
Rakyat, 2017. Peta
Ruas Penanganan
Jalan Nasional,
Samarinda.
Giyatno, 2016. Analisis Kerusakan
Jalan Dengan Metode
PCI Kajian Ekonomis
dan Strategi
Penanganannya,
,Universitas
Muhammadiyah
Surakarta, Surakarta.
Hardiyatmo, H. C. (2007),
Pemeliharaan Jalan
Raya, Gadjah Mada
University Press,
Yogyakarta.
Manual Pemeliharaan Jalan No :
/MN/B/1983,
Direktorat Jenderal
Bina Marga.
Muhadjir, Noeng. 1990. Metodologi
Penelitian Kualitatif,
Telaah Positivistik,
Rasoinalistik,
Phenomenologik,
Realisme Metaphisik.
Yogyakarta.
Pedoman tentang “Survei kondisi
jalan tanah dan atau
kerikil” adalah revisi
dari SNI 03-2843-
, Tata cara
pelaksanaan survei
kondisi jalan
tanah/kerikil.
Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Tentang
Jalan No 34 tahun
Roque R, Tia M, Ruth B.E., 1995
Characterization of
Flexible Pavement
and Analysis
Methodes for
Determination of
Rehabilitation Needs,
Proc. The 2nd
International
Conference on Rooad
& Airfield Pavement
Technology,
Singapore, pp 319-
Shahin, M.Y., 1994, Pavement
Management for
airports, Roads,
Parking Lots,
Chapman & Hall, New
York.
Silvia Sukirman, 1995, Perkerasan
Lentur Jalan Raya,
Bandung .
Suryo Hapsoro Tri Utomo, Edisi Mei
, Kajian Kondisi
Perkerasan Jalan
Arteri di Kabupaten
Sleman Menggunakan
cara Pavement
Condition Index,
Media Teknik No.2
Tahun XXIII No.
ISSN 0216-3012
Suwardo, ST, MT & Sugiharto,
A,Md, 11 September
, Tingkat
Kerataan Jalan
Berdasarkan Alat
Rolling Straight Edge
untuk Mengestimasi
Kondisi Pelayanan
Jalan (PSI dan RCI),
Simposium VII
FSTPT, Universitas
Katolik Parahyangan.
Syfa. 2008. Pengertian Flowchart
http://syifarahmaliya.
blogspot.com.
Undang-undang Republik Indonesia
Tentang Jalan Nomor
tahun 2004.
Wikipedia. Kalimantan Timur ,
https://id.wikipedia.or
g/wiki/kalimantanTim
ur.
Wikipedia. Samarinda ,
https://id.wikipedia.or
g/wiki/Kota_Samarin
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012