STUDI ANALISA DIMENSI DRAINASE DIJALAN PERUMAHAN KELEDANG MAS MENUJU DAS SUNGAI KELEDANG KOTA SAMARINDA

BOY FARIS HARI SANDI

Abstract


Drainase di lokasi Jalan Perumahan Keledang Mas Menuju DAS Sungai Keledang Kota Samarinda merupakan saluran yang sangat vital dikarenakan langsung membuang aliran ke sungai besar sehingga diperlukan Studi Analisa Dimensi Drainase di Jalan Perumahan Keledang Mas Menuju DAS Sungai Keledang Kota Samarinda ini, sehingga dapat mencegah terjadinya aliran permukaan yang berlebihan didaerah tersebut.

Tujuannya penelitian adalah mencari  debit  banjir  rancangan, menganalisa saluran eksisting dan mencari dimensi saluran yang dapat menampung hingga tahun 2027 pada Jalan Perumahan Keledang Mas Menuju DAS Sungai Keledang. Metode untuk menghitung curah hujan rancangan adalah Metode Gumbel dan Metode Log Person type III. Sedangkan Metode untuk mengetahui debit banjir rancangan adalah Metode Rasional.

Berdasarkan hasil perhitungan besarnya debit banjir Rancangan Kala Ulang 5 Tahun untuk Saluran Jalan Perumahan Keledang Mas 2,18 m3/dt dan Saluran Menuju DAS Sungai Keledang 0,81 m3/dt sedangkan Kala Ulang 10 Tahun Saluran Jalan Perumahan Keledang Mas 2,40 m3/dt dan Saluran Menuju DAS Sungai Keledang 0,89 m3/dt kemudian besarnya debit banjir existing saluran drainase Saluran Jalan Perumahan Keledang Mas 1,561 m3/dt dan Saluran Menuju DAS Sungai Keledang 23,808 m3/dt.

Hasil Studi Analisa Dimensi Saluran yang dapat menampung hingga 2027, menunjukan debit saluran Jalan Perumahan Keledang Mas tidak mecukupi debit banjir kala ulang 10 tahun sehingga diperlukan solusi dimensi saluran didasari perhitungan dengan menggunakan penampang segiempat di rencanakan tinggi basah 0,5 meter, lebar bawah 1,2 meter, tinggi jagaan 0,5 meter dan debit yang dihasilkan dari dimensi saluran 3,001 m3/dt lebih besar dari debit kala ulang 10 tahun pada saluran tersebut yang sebesar 2,40 m3/dt.


Keywords


Sistem Drainase, Debit Banjir Rancangan, dan Dimensi Saluran

Full Text:

doc

References


Badan Standarisasi Nasional. 1989, Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan , SNI 03-3424-1994

Chow, Ven Te. 1997. Hidroulika Saluran Terbuka. Jakarta: Penerbit Erlangga

Djoko Sasongko, 1991, Pedoman Bidang Studi Pengawasan Pencemaran Lingkungan Fisik, Jakarta

Haryono, Sukarto. 1999. Drainase Perkotaan. Jakarta: PT. Mediatama Saptakarya

Robert J. Kodoatie & Roestam Sjarief, 2005. Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu, Andi Offset, Yogyakarta.

Sosrodarsono Suyono dan Kensaku Takeda, 1999. Hidrologi untuk Pengairan, Pradya Paramitha, Bandung

Subarkah, Imam. 1980, Hidrologi untuk Perencanaan Bangunan Air. Bandung : Idea Dharma

Suripin. 2004, Sistem Drainase Yang Berkelanjutan. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012