ANALISIS MODEL TARIKAN PERJALANAN KAWASAN PERKANTORAN BALAI KOTA SAMARINDA

SITI SHOLEHA FITRI

Abstract


Banyaknya bangunan perkantoran di kawasan Balai Kota Samarinda mempunyai pengaruh yang besar terhadap banyaknya tarikan perjalanan di area ini, sehingga perlu dilakukan analisis terhadap model tarikan perjalanan. Data diambil dari kuisioner yang dibagikan secara acak dengan metode pengolahan data menggunakan Program SPSS 17.0. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan model tarikan perjalanan pada kawasan Balai Kota Samarinda. Hasil dari penelitian dengan regresi linier berganda menunjukkan model tarikan perjalanan Y dan X3 dengan variabel Y= -139,145 + 1,464 X3 dan hasil hipotesa diterima dengan F hitung > t tabel = 13,499 > 10,128. Model tarikan perjalanan Y1 dengan variabel Y1=127,271 + 0,001 X1 – 0,027 X2 dan model tarikan perjalanan Y2 dengan variabel Y2= 18,045 + 0,007 X1. Sedangkan nilai Satuan Ruang Parkir (SRP) untuk Balai Kota = 980 SRP dan PUPR = 445 SRP dengan status Cukup dan untuk Perkim = 552 SRP dan Bapeda = 605 SRP dengan status Tidak Cukup.

Keywords


regresi, SPSS, tarikan perjalanan

Full Text:

pdf

References


Budiman, Arief, 2014. Analisis Model Tarikan Perjalanan Pada Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Jember, Universitas Jember

Hadi, Sutrisno, 1982. Analisis Regresi, Andi Offset, Yogyakarta

Hardiono, 2013. Analisis Karakteristik Tarikan Pergerakan Pengunjung Wanita Yang Memiliki Sepeda Motor Dengan Pola Pergerakan Rumah – Pasar – Rumah Di Kota Makassar, Makassar, Universitas Hasanuddin

Malik, Abdul, 2015. Analisis Tarikan Perjalanan Di Jembatan Mahakam Simpul Ruas Jalan Slamet Riyadi – Jalan Untung Suropati Kota Samarinda, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Muhammad, Faikar, 2013. Analisis Tarikan Perjalanan Berbelanja Ke Pasar Tradisional Butung Di Kota Makassar, Makassar, Universitas Hasanuddin

Ortuzar, J.D, 1990. Modelling Transport, , England, John Willey and Sons LTd.

Pasaribu, Amudi, 1975. Pengantar Statistik, Jakarta Ghalia, Indonesia

Pignataro, L.J, 1973. Traffic Engineering Theory and practice, New York : Pentice Hall.

Putranto, Leksmono S, 1999. Tarikan Perjalanan Gedung Perkantoran di Jakarta Barat, Jurnal Teknik Sipil Universitas Tarumanegara, Bandung.

Putranto, Leksmono S, 2000. Perbandingan Tarikan Perjalanan dan Efisiensi Parkir Gedung Perkantoran di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat, Jurnal Teknik Sipil Universitas Tarumanegara, Bandung.

Quadratullah, Mohammad Farhan, 2014. Statistika Terapan, Yogyakarta, Andi Offset

Rita, Rulina, 2005. Model Tarikan Perjalanan Pada Pasar Tradisional, Medan, Universitas Sumatera Utara

Runtulallo, Dantje, Analisis Tarikan Pergerakan Kampus Fakultas Teknik Gowa, Universitas Hasanuddin

Saputro, Purwadi Eko, 2014. Kajian Pemodelan Tarikan Pergerakan Ke Gedung Perkantoran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Universitas Sebelas Maret

Suhani, Ika Dini, 2012. Analisis Kinerja Lalu Lintas Akibat Perubahan Tata Guna Lahan, Depok, Universitas Indonesia

Suthanaya, Putu A., 2010. Pemodelan Tarikan Perjalanan Menuju Pusat Perbelanjaan Di Kabupaten Bandung, Provinsi Bali, Denpasar, Universitas Udayana

Tamin, Ofyar Z. 2000, Perencanaan dan Permodelan Transportasi, Bandung, ITB

Trihendradi, C., 2012. Step by Step SPSS Analisis Data Statistik, Yogyakarta, Andi Offset

UU Republik Indonesia No.13 Tahun 1980 Tentang Jalan.

Yuliani, 2004. Analisis Model Tarikan Perjalanan Pada Kawasan Pendidikan Di Cengklik Surakarta, Surakarta, Universitas Sebelas Maret

Yusri, Bobi Antomi, Tinjauan Bangkitan Dan Tarikan Perjalanan Kelurahan Kecamatan Rambah, Pasir Pengaraian, Universitas Pasir Pengaraian


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012