PERENCANAAN DRAINASE DAN PELEBARAN JALAN RUAS JALAN PANGERAN SURYANATA KOTA SAMARINDA

ENDRO SUWASONO

Abstract


Kebutuhan prasarana jalan yang baik merupakan sesuatu yang diharapkan masyarakat dan merupakan faktor penunjang lancarnya perekonomian dan pembuka daerah terisolir. Mengingat kondisi sarana jalan yang ada saat ini banyak yang rusak, baik diakibatkan oleh faktor alam maupun faktor manusia. Sehingga perlu diadakan perbaikan dan peningkatan guna memenuhi kebutuhan lalu lintas yang makin tinggi. Didalam proses perencanaan sebagai dasar untuk pelaksanaan perlu diperhatikan faktor-faktor diantaranya keamanan, kenyamanan, biaya,  lingkungan serta faktor lain yang mendukung perencanaan yang matang dan terencana.

Untuk menghubungkan antar Kabupaten dan Kota di wilayah Provinsi Kalimantan Timur sangat dibutuhkan infrastruktur berupa jaringan transportasi darat yaitu jalan raya. Meningkatnya volume lalu lintas yang terjadi mengharuskan untuk terus memperbaharui kondisi sarana dan prasarana pendukung yang ada.

Kota Samarinda menjadi di Provinsi Kalimantan Timur yang sedang mengalami peningkatan volume lalu lintas, dan ruas Jalan Suryanata merupakan salah satu ruas jalan di Kota Samarinda yang memiliki lalu lintas padat dan sering kali terjadi kemacetan dan permasalahan lalu lintas. Dengan kondisi tersebut perlu dilakukan peningkatan kelas jalan dan perencanaan drainase yang sesuai dengan kondisi daerah sekitar ruas jalan. Hal inilah yang melatar belakangi dilakukan Perencanaan Pelebaran Jalan Suryanata dan drainase sebagai bagian dari pelengkap jalan, sehingga dapat menuntaskan permasalahan di ruas tersebut dan mempermudah akses menuju ke wilayah di sekitarnya. Saat ini tingkat pelayanan jalan dirasa masih kurang, dan untuk itu selain melaksanakan rehabilitasi dan peningkatan kondisi pada ruas jalan yang telah ada juga sangat diperlukan peningkatan pelayanan jalan dengan melaksanakan peningkatan kapasitas jalan yang ada.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012