EVALUASI BUNDARAN JALAN JENDERAL SUDIRMAN – JALAN CUT NYAK DIEN – JALAN S. PARMAN DI KOTA TENGGARONG

MOHAMAD FAJAR

Abstract


Jalan merupakan salah satu fasilitas yang digunakan dalam transportasi  untuk kelancaran transportasi dalam pendistribusian baik orang maupun barang. Pelayanan jalan yang baik maka kelancaran transportasi akan menjadi baik ditentukan oleh faktor geometrik jalan dan para pengemudi yang saling memahami rambu-rambu atau peraturan yang telah ditentukan oleh yang berwenang. Seiring dengan kemajuan zaman dan pertambahan jumlah penduduk, maka pelayanan transportasi yang baik dan teratur sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya gangguan lalu lintas di jalan raya.

Sistem lalu lintas jalan raya pada dasarnya terdiri dari sub-sub sistem yang antara lain adalah pemakai jalan (pengemudi dan pejalan kaki), sarana angkutan (kendaraan),  prasarana jalan (lingkungan) dimana dalam gerak dan dinamiknya, interaksi dan kombinasi daripada sub-sub sistem tersebut akan menghasilkan karakteristik tersendiri dalam pergerakan barang dan penumpang.

Perencanaan simpang berbentuk bundaran merupakan bagian dari perencanaan jalan raya yang amat penting. Pada bundaran terjadi konflik antara kendaraan yang berbeda kepentingan, asal maupun tujuan. Berkaitan dengan hal tersebut perencanaan bundaran harus direncanakan dengan cermat, sehingga tidak menimbulkan akses yang lebih buruk, misalnya kemacetan lalu lintas. Kemacetan lalu lintas menimbulkan kerugian yang lebih besar yaitu biaya yang makin tinggi akibat pemborosan bahan bakar, polusi udara, kebisingan dan keterlambatan arus barang dan jasa.


Full Text:

XML doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012