PERENCANAAN WORKSHOP REPARASI PETI KEMAS DI KOTA SAMARINDA

RIZKY ARIE RAMADHANI

Abstract


Pembangunan Terminal Peti Kemas di Kecamatan Palaran dilatar belakangi karena terbatasnya kapasitas dan fasilitas Pelabuhan Yos Sudarso di Kota Samarinda untuk kegiatan bongkar muat peti kemas yang tidak bisa dikembangkan lagi karena terbatasnya untuk di kembangkan. Sedangkan pertumbuhan cargo di Pelabuhan Samarinda cukup tinggi dan diperlukan pengembangan pelabuhan peti kemas di Kota Samarinda.

Semakin banyaknya kegiatan bongkar muat peti kemas di Kota Samarinda, semakin banyak pula kondisi peti kemas yang kondisinya rusak dan tidak terawat.  Banyak kondisi peti kemas yang tidak terawat dan mulai rusak yang dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan khusus dikarenakan kurangnya fasilitas dan pelayanan tentang reparasi peti kemas yang ada di Kota Samarinda.  Tidak hanya kondisi peti kemas yang rusak, adapun kondisi truk dan trailer peti kemas kondisinya buruk dan perlu perbaikan agar kondisinya bisa kembali ke kondisi yang baik dan layak fungsi.

Kurangnya jasa reparasi peti kemas dan reparasi kendaraan pengangkutnya yang tidak diimbangi dengan banyaknya jumlah peti kemas, truk peti kemas, dan trailer peti kemas yang kondisinya rusak dan tidak layak pakai. Keberhasilan penanganan peti kemas dipengaruhi oleh jarak waktu dan biaya, sehingga dapat memenuhi tuntutan aman, cepat dan mudah. Untuk mencapai tuntutan tersebut secara optimal diperlukan adanya suatu proses penanganan peti kemas yang baik.

Dikarenakan banyaknya jumlah kondisi peti kemas, truk peti kemas, dan trailer peti kemas yang rusak dan tidak layak pakai, maka penulis mencoba mengangkat masalah tersebut menjadi bahan dalam skripsi yang disusun dengan judul “WORKSHOP REPARASI PETI KEMAS DI KOTA SAMARINDA” yang modern serta dapat mengakomodasi semua layanan kenyamanan para pengguna jasa peti kemas yang lebih mengutamakan pelayanan, kualitas, dan fasilitas yang terbaik. 


Keywords


Perencanan, Workshop, Reparasi, Peti Kemas

Full Text:

Doc

References


Ilmu Bangunan, Struktur Bangunan Tinggi dan Bentang Lebar. Dwi Tangoro, Kuntjoro Sukardi, A. Sadili Somaatmadja, 2006

Utilitas bangunan, Dwi Tangoro, 2004

Data Arsitek Jilid 2 Edisi 33, Ernst Neufert, 2002


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012