ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN JAKARTA REGENCY DI SAMARINDA

AF NI

Abstract


Properti khususnya perumahan merupakan kebutuhan papan yang merupakan salah satu kebutuhan dasar (primer) manusia, disamping kebutuhan akan pangan dan sandang, sehingga setiap orang harus berhubungan dengan bagian dari properti. Bagaimanapun kondisi perekonomian yang sedang terjadi, semua orang harus memiliki rumah tempat ia tinggal untuk memenuhi salah satu kebutuhan utamanya. Properti merupakan aset yang memiliki nilai investasi yang tinggi, dan dinilai cukup aman dan stabil. Harga properti (khususnya rumah) mengalami kenaikan sekitar 5% setiap tahunnya. Sebab itu, sebuah rumah memiliki potensi mengalami kenaikan harga dua kali lipat dalam 10-15 tahun ke depan.
Kenaikan harga ini disebabkan oleh ketersediaan tanah bersifat tetap, sementara permintaannya cenderung meningkat setiap tahunnya, sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk. Dan untuk Meningkatkan efektifitas dan efisien waktu pengerjaan pembangunan rumah yang dituntut agar tepat waktu pengerjaannya agar sesuai dengan time schedule yang telah dibuat.
Maka semakin besarnya peluang bisnis properti di kota Samarinda dan sekitarnya dilirik oleh para developer baik dari Kota Samarinda ataupun pengembang dari luar kota, salah satu developer yang mengembangkan bisnis perumahan adalah PT.Saba Sagarmatha (PT.SS) dengan proyek pembangunan perumahan Jakarta Regency yang berlokasi di Jalan Jakarta 2, Kecamatan Sungai Kunjang, Kelurahan Loa Bakung Samarinda.
Oleh karena itu pertumbuhan jumlah penduduk menyebabkan kebutuhan akan tempat tinggal, dan kebutuhan akan sektor properti lainnya juga mengalami kenaikan.
Bedasarkan pertingbangan tersebut, penulisan mencoba untuk melakukan penelitian tentang Analisis Kelayakan Investasi Proyek Pembanguan prumahan Jakarta Regency di Samarinda.


Full Text:

pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012