ANALISIS KAPASITAS DAN KEBUTUHAN PARKIR KENDARAAN BERAT DI KOMPLEK PERGUDANGAN KARANG ASAM ULU II KOTA SAMARINDA

SAID FARIZ NOVAL ANGGAWI

Abstract


Gudang adalah suatu tempat yang digunakan untuk menyimpan barang baik yang berupa raw material barang work in proces atau finished good. Dari kata gudang maka didapatkan istilah pergudangan yang berarti merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan gudang. Kegiatan di gudang  bagi perusahaan swasta beperan penting, mulai dari waktu kecepatan pengambilan barang sampai dengan waktu kecepatan penempatan barang, maka perlunya kendaraan untuk pengambilan dan penempatan barang.

Penelitian ini bertujuan untuk pengaturaan parkir kendaraan berat yang ada dipinggir jalan, Komplek Pergudangan Karang Asam Ulu II dan merencanakan kebutuhan parkir 5 tahun kedepan.

Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan survey langsung di lapangan untuk mendapatkan jumlah kendaraan yang parkir yaitu dengan mencatat kedaraan berat yang masuk dan keluar parkir di Komplek Pergudangan Karang Asam Ulu II sedangkan survey durasi lama menggunakan sampling bongkar muatan.

Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bawah kebutuhan parkir saat ini untuk truk kontainer 20 feet 180 petak, dan truk kontainer 40 feet 95 petak, petak yang ada di Komplek Pergudangan karang Asam untuk truk kontainer 20 feet 105 petak, dan truk kontainer 40 feet 40 petak, untuk merencanakan kebutuhan parkir 5 tahun depan truk kontainer 20 feet membutuhkan 189 petak, dan truk kontainer 40 feet 100 petak.


Keywords


Analisis dan kebutuhan parkir

Full Text:

Doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012