STUDI PERANCANGAN DINDING PENAHAN TANAH TIPE KANTILEVER PADA JALAN POROS BALIKPAPAN – SAMARINDA KM 66

IMAM KHADAFI

Abstract


Longsor di jalan poros Balikpapan – Samarinda km 66 biasanya terjadi saat musim hujan, karena intesitas hujan yang lebih dari biasanya akan menyebabkan tanah menjadi jenuh air yang mana tanah sudah tidak mampu lagi menampung air kedalam porinya sehingga air pori akan naik yang mengakibatkan kuat geser tanahh menjadi kecil sehingga tanah menjadi labil dan rawan terjadi longsor. Rankine merupakan solusi medan tegangan yang memprediksi tekanan aktif dan pasif. Dengan mengasumsikan bahwa kegagalan terjadi bila tegangan utama maksimum pada setiap titik mencapai nilai sama dengan tegangan tarik. Dari hasil stabilitas lereng 3.5 m, lereng dinyatakan dalam kondisi kritis, penangan longsoran akan dibangun dinding penahan tanah tipe kantilever kondisi lereng dianggap stabil karena memiliki nilai faktor aman 1.234306 yang terkecil diantara kondisi lainnya dan memenuhi stabilitas geser: 2.085 ≥ 2 (Aman), stabilitas guling: 3.771 ≥ 2 (Aman), dan hasil dari daya dukung tanah: 137.337 ≥ qult 483.107

Keywords


stabilitas lereng, faktor aman, rankine, dinding penahan tanah tipe kantilever

Full Text:

pdf pdf

References


Anonim. (1990). SK SNI 03-1962-1990.

Buku Petunjuk Teknis Peencanaan

Dan Penanganan Longsoran.

Dewan Standarisasi Nasional,

Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan

Umum. Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional, 2014. SNI 07-

-2014: Baja Tulangan Beton.

Hardiyatmo, H.C., Mekanika Tanah I, Gama

Press, Yogyakarta, 2006.

Hardiyatmo, H.C., Teknik Fondasi I, Beta

Offset, Yogyakarta, 2006.

Hardiyatmo, H.C., Behaviour of

Mechanically Stabilized

Embankment on Soft Bangkok Clay,

Thesis Master Engineering, AIT

Bangkok Thailand, 1990.

Hardiyatmo, H.C., Prinsip-prinsip Mekanika

Tanah dan Soal Penyelesaian I,

Beta Offset, Yogyakarta, 2004.

Park, R., Paulay, T.,(1975), “Reinforced

Concrete Structure” , Jhon Wiley

& Sons, New York

SNI 03-3440, Pelaksanaan Stabilitas Tanah,

Pusjatan-Balitabang PU, 1994.

SNI 03-4267, Teknis Perencanaan dan

Penanganan Longsoran, Balitbang

PU, 1999.

SNI 03-6348-2000, Identifikasi Tanah

Longsor dan Upaya Penanggulangannya,

Balitabang PU, Surakarta, 2000.

Sunggono, K.H., Buku Teknik Sipil, Nova,

Bandung, 1984.

Sunggono, K.H., Mekanika Tanah, Nova,

Bandung, 2002.

Vis,W.C dan Kusuma,Gideon H. 1993.

Grafik dan Tabel Perhitungan

Beton Bertulang.

Jakarta :Penerbit Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012