ANALISIS JARAK TEMPUH DAN BIAYA OPERASIONAL BUS KOTA SAMARINDA-BONTANG

AR SANDI

Abstract


besar yang melayani rute Samarinda - Bontang maupun bus-bus sedang yang melayani rute Samarinda kebeberapa kecamatan di kutai timur bagian hulu, seperti Sangatta, Bengalon, Sangkulirang, dan Wahau Menurut data Bappeda dan rencana induk Kota Samarinda Terminal Lempake Meningkatnya kepemilikan kendaraan roda empat berimbas pada kurangnya minat masyarakat dalam melakukan perjalanan dengan menggunakan bus sebagai angkutan massal, hal ini terlihat dari jumlah penurunan penumpang yang berangkat di Terminal Lempake menggunakan bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) dari Samarinda ke Bontang begitu pula sebaliknya Penilaian standar kinerja penilaian bus yang melayani rute dari Terminal Lempake Samarinda ke Terminal Bontang berdasarkan Departemen Perhubungan Darat (1996) serta hasil survai dan analisis, didapat ; a. Waktu pelayanan yang diberikan oleh 6 perusahan bus dimulai keberangkatan dari Terminal lempake pada Jam 07:00 sampai Jam 19:05 (07:00 – 19:05) selama 12 jam 5 menit,maka angka ini sesuai standar yang ditetapkan yaitu > (lebih besar) 13 jam per hari hal ini memenuhi syarat. b. Waktu tempuh perjalanan rata-rata selama 2 jam 48 menit > (lebih besar) dari standar kinerja pelayanan angkutan umum yaitu berkisar antara 60 menit sampai 90 menit karena Bus melayani angkutan luar kota dalam Provinsi Kalimantan Timur. c. Kecepatan rata-rata Bus Berangkat dari Terminal Lempake Samarinda sampai ke Terminal Bus Bontang adalah :  Kecepatan rata-rata sebesar 48,43 km/jam > 10 km/jam  Kecepatan maksimum sebesar 50,75 km/jam > 10 km/jam  Kecepatan minimum sebesar 46,04 km/jam > 10 km/jam d. Tingkat ketersedian (Availability) armada bus adalah  Jumlah angkutan keseluruhan armada bus rata-rata sebanyak 34 armada.  Jumlah armada bus yang beroperasi rata-rata sebanyak 20 buah. 2  Tingkat Ketersediaan (Availability) Armada Bus rata-rata 58,8% dari total jumlah angkutan keseluruhan armada bus rata-rata. Biaya BOK kendaraan Bus Samarinda Bontang didapat sebagai berikut :  BOK konsumsi bahan bakar untuk sekali berangkat pulang pergi rute samarinda Bontang di peroleh biaya bahan bakar sebesar : Rp173.041 x 2 = Rp346.082,-  BOK konsumsi oli kendaraan untuk sekali berangkat pulang pergi rute samarinda Bontang di peroleh : Rp36.418 x 2 = Rp72.836,- pergantian oli kendaraan dilakukan per 10.000 km. Apabila dihitung berdasarkan panjang jalan samarinda Bontang, maka dapat dihitung sebagai berikut : - 228,402 km (Panjang Jalan PP) x 44 hari (1,5 bulan) = 10049 km Dari perhitungan diatas didapat pergantian oli kendaraan dilakukan setiap 1,5 (Satu setengah bulan) bulan sekali : Rp50.000,- x 20 L = Rp1.000.000,-  BOK Ban kendaraan untuk sekali berangkat pulang pergi rute samarinda Bontang di peroleh biaya ban kendaraan sebesar : Rp42.929 x 2 = Rp85858,- Pergantian ban kendaraan dilakukan per 24.000 km. Apabila dihitung berdasarkan panjang jalan samarinda Bontang, maka dapat dihitung sebagai berikut : - 228,201 km (Panjang Jalan PP) x 105 hari(3,5 bulan) = 24.000km. pergantian ban kendaraan dilakukan setiap 3,5 bulan sekali dengan biaya Rp1.176.000/ban,- x 4 bh = Rp4.704.000,-  BOK pemeliharaan suku cadang dan upah montir di peroleh biaya suku cadang sebesar : Rp3.456.724,- dan BOK upah montir/Hari = Rp37.503,-  BOK penyusutan kendaraan untuk sekali berangkat pulang pergi rute samarinda Bontang dengan panjang jalan 228,201 km di peroleh biaya penyusutan kendaraan sebesar = Rp361.680,-  BOK bunga modal kendaraan untuk sekali berangkat pulang pergi rute samarinda Bontang di peroleh biaya bunga modal kendaraan sebesar : Rp128,731 x 2 = Rp257.462,-  BOK biaya asuransi kendaraan untuk sekali berangkat pulang pergi rute samarinda Bontang di peroleh biaya asuransi kendaraan sebesar : Rp51.492 x 2 = Rp102.984,-  Perhitungan rekapitulasi BOK untuk sekali berangkat pulang pergi rute samarinda Bontang di peroleh biaya Rp1.012.496 x 2 = Rp2.024.992,-

Full Text:

pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012