PERENCANAAN PERKERASAN KAKU DENGAN BETON PRECAST SEBAGAI ALTERNATIF PERCEPATAN KONSTRUKSI PERKERASAN JALAN

ANDY KURNIAWAN FAUZI

Abstract


Pelaksanaan pekerjaan jalan lingkungan desa karang mulya umumnya dilaksanakan menggunakan metode cor langsung sehingga pengawasan proses pelaksanaan sulit terkontrol dalam hal pengendalian proporsi campuran dan pekerjaan perawatan beton yang mengakibatkan mutu beton yang disyaratkan sulit dicapai. Selain permasalahan kualitas pekerjaan metode ini juga menimbulkan masalah penutupan jalan dalam waktu yang relatif lama sehingga mengganggu akses masyarakat. Penggunaan beton precast menjadi diharapkan menjadi solusi karena dibuat dilokasi fabrikasi yang kualitasnya lebih terjamin dan waktu pelaksaan lebih singkat namun dalam pelaksanaanya dilapangan memerlukan pekerjaan tambahan yaitu pengangkatan dan penyambungan elemen beton precast, untuk itu dilakukan serangkaian penelitian dalam rangka mendapatkan dimensi beton precast yang bias diangkat menggunakan mobil crane dan merancang bentuk sambungan yang praktis dan kuat. Dari hasil rancangan didapat bahwa metode sambungan antar elemen precast dengan menggunakan jenis sambungan Baut, baik arah memanjang maupun arah melintang dapat dilaksanakan namun diperlukan ketelitian ukuran yang dibuat. Dimensi blok precast dibuat 3 m x2,5 m x20 cm dapat digunakan untuk membuat jalan lingkungan lebar 5 m. Dari hasil uji coba pengangkatan elemen precast dengan mobil crane masih dapat dilakukan karena berat setiap elemen berkisar 3 ton.

Keywords


Jalan, perkerasan, beton precast

Full Text:

pdf

References


Dept. P.U. (2003). Perencanaan

Perkerasan Jalan Beton Semen. Pedoman

Konstruksi dan Bangunan. Pd T-14-2003, Hal.

Lv.Dept. Pekerjaan Umum (dulu) Departeman

Permukiman dan Prasarana Wilayah

Badan Penelitian dan Pengembangan

Dept. P.U., 2009). Perkerasan-an Jalan Beton

Semen Pracetak, Seksi 5.7. Spesifkasi Khusus

(PT-0), Bidang Jalan Dan Jembatan

Bina Marga, Dept. PU (2007). Bahan

Presentasi Beton Pracetak di Cakung-cilincing,

Jakarta : Bina Marga

Choirul Sholeh, Perencanaan

Perkerasan Jalan Kaku Dengan Beton

Pracetak-Pratekan, Universitas MERCU

BUANA Jakarta, 2009.

Ari Suryawan, Perkerasan Jalan Beton Semen

Portland (Rigid Pavement), Beta Offset, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012