PERENCANAAN PERKERASAN KAKU DENGAN BETON PRECAST SEBAGAI ALTERNATIF PERCEPATAN KONSTRUKSI PERKERASAN JALAN
Abstract
Pelaksanaan pekerjaan jalan lingkungan desa karang mulya umumnya dilaksanakan menggunakan metode cor langsung sehingga pengawasan proses pelaksanaan sulit terkontrol dalam hal pengendalian proporsi campuran dan pekerjaan perawatan beton yang mengakibatkan mutu beton yang disyaratkan sulit dicapai. Selain permasalahan kualitas pekerjaan metode ini juga menimbulkan masalah penutupan jalan dalam waktu yang relatif lama sehingga mengganggu akses masyarakat. Penggunaan beton precast menjadi diharapkan menjadi solusi karena dibuat dilokasi fabrikasi yang kualitasnya lebih terjamin dan waktu pelaksaan lebih singkat namun dalam pelaksanaanya dilapangan memerlukan pekerjaan tambahan yaitu pengangkatan dan penyambungan elemen beton precast, untuk itu dilakukan serangkaian penelitian dalam rangka mendapatkan dimensi beton precast yang bias diangkat menggunakan mobil crane dan merancang bentuk sambungan yang praktis dan kuat. Dari hasil rancangan didapat bahwa metode sambungan antar elemen precast dengan menggunakan jenis sambungan Baut, baik arah memanjang maupun arah melintang dapat dilaksanakan namun diperlukan ketelitian ukuran yang dibuat. Dimensi blok precast dibuat 3 m x2,5 m x20 cm dapat digunakan untuk membuat jalan lingkungan lebar 5 m. Dari hasil uji coba pengangkatan elemen precast dengan mobil crane masih dapat dilakukan karena berat setiap elemen berkisar 3 ton.
Keywords
Jalan, perkerasan, beton precast
Full Text:
pdfReferences
Dept. P.U. (2003). Perencanaan
Perkerasan Jalan Beton Semen. Pedoman
Konstruksi dan Bangunan. Pd T-14-2003, Hal.
Lv.Dept. Pekerjaan Umum (dulu) Departeman
Permukiman dan Prasarana Wilayah
Badan Penelitian dan Pengembangan
Dept. P.U., 2009). Perkerasan-an Jalan Beton
Semen Pracetak, Seksi 5.7. Spesifkasi Khusus
(PT-0), Bidang Jalan Dan Jembatan
Bina Marga, Dept. PU (2007). Bahan
Presentasi Beton Pracetak di Cakung-cilincing,
Jakarta : Bina Marga
Choirul Sholeh, Perencanaan
Perkerasan Jalan Kaku Dengan Beton
Pracetak-Pratekan, Universitas MERCU
BUANA Jakarta, 2009.
Ari Suryawan, Perkerasan Jalan Beton Semen
Portland (Rigid Pavement), Beta Offset, 2005.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012