ANALISA KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN PERBANDINGAN METODE PCI DENGAN BINA MARGA SERTA METODE PENANGANAN PADA JALAN POROS SAMARINDA - ANGGANA ( STA 0+000 – STA 7+000)

ANNI HIJRAH

Abstract


Transportasi merupakan urat nadi perekonomian. Dengan adanya transportasi yang baik merupakan suatu faktor pendukung utama untuk menentukan majunya pertumbuhan perekonomian suatu daerah atau negara.  Jalan raya merupakan fasilitas yang penting bagi masyarakat agar dapat mencapai suatu tujuan yang diinginkannya, untuk itu masyarakat membutuhkan jalan raya yang aman dan nyaman bagi penggunanya. Kerusakan pada jalan akan menimbulkan banyak kerugian yang dapat dirasakan oleh pengguna secara langsung, karena sudah pasti akan menghambat laju dan kenyamanan pengguna jalan.

Dalam penelitian skripsi ini diambil analisa kerusakan jalan pada jalan Poros Samarinda- Anggana, panjang jalan yang mau diteliti adalah ± 7 KM, dari sta 0+ 000 -7+ 000 yang mana saat ini di beberapa titik dalam kondisi rusak inilah yang akan di cari penangannan kerusakan jalannya sehingga diperoleh solusi yang baik untuk mengatasi kerusakan tersebut. Jalan poros samarinda – Anggana. Dari hasil analisis diperoleh kondisi ruas jalan Samarinda – Anggana dengan metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga, didapat nilai PCI rata-rata secara keseluruhan pada  ruas jalan Samarinda – Anggana adalah 92%. Klasifikasi perkerasaan jalur Samarinda –Anggana berdasarkan rating kondisi jalan metode PCI = Excelent. Artinya kondisi jalan keseluruhannya masih dalam keadaan sangat baik. Berdasarkan analisis metode bina marga didapatkan nilai prioritas jalan untuk menetukan metode perbaikan pada jalan tersebut.


Keywords


Jalan poros Samarinda - Anggana, Kerusakan jalan, Metode PCI, Metode Bina Marga, Perbaikan Jalan

Full Text:

doc

References


Daryoto, Slamet Widodo, Siti Mayuni. 2015 . “Studi Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Dengan Menggunakan Metode Bina Marga ( Studi Kasus Ruas Jalan Harapan Jaya Kota Pontianak)”. Teknik Sipil Fakultas Teknik Untan.

Hillman Yunardhi, M. Jazir Alkas, Heri Susanto. 2018. “ Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode PCI dan Alternatif Penyelesaiannya”. Universitas Mulawarman.

J.Dwijoko Ansusanto, Luke Ivander Evan. 2018. “Analisa Kerusakan Jalan Perintis Kemerdekaan Klaten Menggunakan Metode Bina Marga”. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Mochamad Rondi. 2016. “Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga dan Metode PCI Serta Alternatif Penangananya ( Studi Kasus Ruas Jalan Danliris Blulukan – Tohudan Colomadu Karanganyar)”. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Puguh Pranomo. 2018. “Analisa Kerusakan Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga dan PCI ( Pavement Condition Index) Serta Alternatif Penanganannya ( Studi Kasus Ruas Jalan Pahlawan Bukit Raya – Tenggarong Seberang, Kab. Kutai Kartanegara)”. Univeritas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Samsul Rian HIdayat. 2018. “Kajian Tingkat Kerusakan Menggunakan Metode PCI Pada Ruas Jalan Ir.Sutami Kota Probolinggo” . Universitas Dr. Sutomo’


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012