ANALISA EFISIENSI PENYALURAN AIR IRIGASI DI DAERAH IRIGASI LEMPAKE KOTA SAMARINDA

MUHAMMAD KHAIRUL FAJRI SAPUTRA

Abstract


Air merupkan kebutuhan sangat penting bagi pertanian, peternakan, perikanan, transportasi, industri dan untuk kepentingan-kepentingan lainnya. Kondisi tersebut perlu mendapat perhatian khusus, karena sangat berpengaruh terhadap pemanfaatan air untuk kebutuhan tanaman. Untuk sektor pertanian yaitu penyediaan kebutuhan air membutuhkan adanya teknik pengelolaan sumber daya air. Teknik tersebut tidak hanya aspek fisik tetapi juga aspek non fisik yaitu sosial budaya. Pengelolaan sumber daya air yang dimaksudkan di sini adalah penigkatan kinerja pendistribusian dan pengalokasian air secara efektif dan efisien. Hal tersebut tidak lepas dari usaha teknik irigasi yaitu memberikan air dengan kondisi tepat mutu, tepat ruang dan tepat waktu dengan cara efektif dan ekonomis

            Daerah Irigasi Lempake merupakan jaringan irigasi yang terdapat di Kota Samarinda, mengairi dua kecamatan yaitu Kecamatan Samarinda Utara dan Kecamatan Sungai Pinang. Jaringan Irigasi Lempake merupakan jaringan irigasi sistem terbuka dimana pada saluran primer dan sekunder sudah dilakukan penyemenan, tetapi untuk saluran tersier sebagian besar belum disemen. Diduga adanya kehilangan air pada saluran irigasi akibat karakteristik bentuk saluran.

            Dengan memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penelitian, maka penelitian ini terbatas pada lokasi yang diteliti yaitu mengambil sampel pada saluran primer, sekunder dan teriser irigasi yang ada pada Daerah Irigasi Lempake.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012