STUDI KELAYAKAN PEMBANGUNAN JALAN PENDEKAT JEMBATAN MAHKOTA – SIMPANG 4 PAMPANG

MUHAMMAD REZDIANSYAH

Abstract


Volume lalu lintas yang terus meningkat di daerah Jembatan mahklota - Simpang 4 Pampang pada beberapa tahun terakhir ini mengakibatkan tidak mencukupinya ruas-ruas jalan untuk penumpang sarana Transportasi. Sehingga mengakibatkan kemacetan pada ruas – ruas jalan tersebut yang menuju ataupun yang keluar Kota Samarinda yang mengakibatkan kerugian waktu dan BOK. Dengan adanya pembangunan jalan Jembatan mahklota -Simpang 4 Pampang ini, diharapkan dapat membantu kelancaran dan mengurangi kemacetan lalulintas yang akan berdampak pada efisiensi ekonomi, serta pengurangan angka kecelakaan lalulintas dengan cara mengalihkan kendaraan yang tidak ada kepentingan dalam kota, sehingga waktu tempuh menjadi lebih singkat. Kelayakan investasi yang dipilih berdasarkan perhitungan biaya konstruksi ini didukung oleh data – data sekunder pada nilai potensi dan nilai manfaat. Sedangkan untuk survey volume lalulintas selama 4 hari di tanggal 18 Maret , 19 Maret, 20 Maret dan 21 Maret pada ruas jalan. Untuk analisa Kelayakan Pembangunan jalan pendekat Jembatan mahklota -Simpang 4 Pampang dilakukan metode kriteria kelayakan ekonomi antara lain perhitungan BCR (Benefit Cost Ratio), NPV (Net Present Value), IRR (Internal Rate of Retrun) dan Periode Pengambilan (Pay Back Period). Beberapa jenis pekerjaan konstruksi pembangunan jalan tol meliputi galian, timbuan, pengadaan lahan, bahu jalan, drainase, gorong - gorong dan konstruksi jalan maka didapat biaya pembangunan investasi sebesar Rp 296.427.504.854,07,- dan untuk pendapatan dari keuntungan pengguna jalan NPV sebesar Rp.23.571.863.767,16 BCR sebesar 1,076 serta nilai Payback Peroid terjadi pada tahun ke-30 yaitu tahun 2050 untuk umur rencana 30 tahun pembangunan jalan pendekat Jembatan mahklota -Simpang 4 Pampang yang layak dilaksanakan karena nilai kriteria kelayakan terpenuhi. Maka dari hasil Analisa kelayakan pembangunan jalan Pendekat Jembatan mahklota -Simpang 4 Pampang untuk umur rencana 30 tahun dari segi pengguna jalan tol yang memenuhi kriteria kelayakan ekonomi ( BCR, NPV dan Payback Period ).

Keywords


Studi Kelayakan Pembangunan jalan pendekat Jembatan mahklota -Simpang 4 Pampang

Full Text:

pdf

References


Anonim,2004 Undang-undang Nomer 34

Tahun 2004 Tentang Jalan

Anonim,2004 Peraturan Pemerintah

Republik Indnesia Nomer 15 Tahun 2005

Tentang Jalan Tol

Anonim, 1970 Peraturan Perencanaan

Geometrik Jalan Raya.

Dinas PUPR Kota Samarinda 2020, Daftar

Harga satuan Pekerjaan Kostruksi

(HSPK) Bidang Jalan,Jembatan, Dan

Drainase.

Hisnu Pawenang, 2006 ,Depertemen

Pekerjaan Umum Badan Pengatur Jalan Tol

Kodoatie R.J., 1995, Analisa Ekonmi

Teknik, Penerbit Andi Yogyakarta.

Morlok, Edward K., 1984, Pengantar

Teknik dan Perencanaan Transportasi,

Penerbit Erlangga.

Pujawan I Nyoman, 2004, Ekonmi Teknik,

Penerbit Guna Widya

Soeharto, Imam, 2004 Manajemen Proyek,

Erlangga

Tamin, Ofyar Z., 2000, Perencanaan dan

Pemodelan Transportasi, Edisi Ke-2, ITB

Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012