PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH DENGAN TYPE GRAVITASI PADA PEMBANGUNAN GEDUNG S.P.N DI KUTAI KARTANEGARA

CATUR PRASETYA

Abstract


Tanah merupakan aspek penting dalam perencanaan konstruksi dinding penahan tanah. Karena pada tanah ialah berdiri satu bangunan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan faktor kestabilan tanah. Salah satu cara yang digunakan untuk melakukan pengendalian kestabilan tanah agar tak mengalami kelongsoran adalah dengan membangun dinding penahan tanah.

Dinding penahan tanah adalah suatu struktur konstruksi yang dibangun untuk menahan tanah yang mempunyai kemiringan/lereng dimana kemantapan tanah tersebut tidak dapat dijamin oleh tanah itu sendiri. Bangunan dinding penahan tanah digunakan untuk menahan tekanan tanah lateral yang ditimbulkan oleh tanah urugan atau tanah asli yang labil akibat kondisi topografinya.

Pembangunan dinding penahan tanah, bertujuan untuk menjaga infrastruktur maupun rencana infrastruktur tetap aman terhadap guling, geser dan keruntuhan sepanjang garis dinding penahahan tanah tersebut dalam waktu yang lama (kuat secara struktur) merupakan tuntutan yang harus dilaksanakan untuk melindungi infrastruktur dari kegagalan.

Tugas akhir ini membahas perencanaan dinding penahan tanah dengan type gravitasi pada lokasi  pembangunan gedung SPN (Sekolah Polisi Negara) di Kutai Kartanegara, Kalimantan timur.

Pada proyek pembangunan Gedung SPN (Sekolah Polisi Negara) merupakan rangkaian dari progam pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk membangun sarana berupa wadah yang akan digunakan sebagai tempat pendidikan calon polisi negara.

Keberadaan Gedung ini sangat penting nantinya dalam kelancaran kegiatan pendidikan calon polisi di Kalimantan Timur. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembangunan gedung tersebut dengan perencanaan yang matang dan baik.

Oleh karena di beberapa tempat terdapat kondisi tanah yang berbeda maka di perlukan perencanaan dan design yang matang agar pelaksanaan pekerjaan ini bisa berjalan dengan baik.


Keywords


Perencanaan Dinding Penahan Tanah dengan Type Gravitasi Pada Pembangunan Gedung S.P.N di Kutai Kartanegara

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012