PENANGANAN LONGSORAN JALAN PENDEKAT MAHKOTA II MENGGUNAKAN RETAINING WALL KOTA SAMARINDA

HERU PURWANTO

Abstract


Seiring pesatnya perkembangan pembangunan, dan meningkatnya jumlah kendaraan serta ketidak mampuan Ruas Jalan Mahkota II untuk mengakses arus lalu lintas serta meningkatnya intensitas Curah Hujan yang tinggi  maka sering terjadi Longsoran di ruas jalan Mahkota II. Maka itu Proyek Penanganan Longsoran Ruas Jalan Mahkota II dibangun di daerah samarinda Sepanjang 5.100 m.

 

            Perhitungan Struktur pada Dinding Penahan Tanah Penanganan Longsoran Ruas Jalan Mahkota II dihitung, sesuai data-data akurat di lapangan, data laboraturium. dengan tujuan perhitungan mencapai nilai yang konstan yaitu pada nilai maksimumnya karena faktor utama dalam penanganan longsoran ini adalah standar teknis dan kemudian dihubungkan dengan faktor keamanan.

            Sehingga kerawanan daerah longsoran khususnya di daerah Mahkota II dapat terpecahkan dengan adanya Penanganan Longsoran dengan menggunakan Struktur Dinding Penahan Tanah diharapkan penanganan longsoran dengan menggunakan metode ini dapat mengatasi masalah Longsoran-longsoran di daerah lain bukan hanya di Mahkota II saja  

            Pengamatan di lapangan menunjukan bahwa pengetahuan di bangku kuliah banyak dilengkapi dengan pengetahuan dan wawasan di lapangan, khususnya di bidang manajemen lapangan untuk mencapai proyek yang berhasil.


Keywords


Penanganan Longsoaran dengan menggunakan Struktur Dinding Penahan Tanah ( Retaining Wall )

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012