PERHITUNGAN GEOMETRIK JALAN, TEBAL PERKERASAN LENTUR DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA RUAS JALAN BUKIT BIRU – LOA KULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PADA STA 0+000 S/D STA 6+550

ALPIAN NUR

Abstract


Kecamatan Tenggarong terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Wilayah ini mempunyai potensi untuk dikembangkan terutama pada Ruas Jalan Bukit Biru – Loa Kulu. karena Jalan ini merupakan jalan alternative untuk menghubungkan antar kawasan dengan nyaman, mudah, cepat dan selamat sampai tujuan dalam. mendukung ekonomi, sosial budaya.

Kondisi jalan tersebut dianggap kurang layak untuk dijalani karna banyak terdapat lubang-lubang, retak buaya bahkan dititik-titik tertentu terdapat kubangan yang lumayan besar dan sangat menghambat perjalanan.

Tujuan penulisan ini untuk menganalisa kembali perencanaan tersebut terutama dalam geometric, tebal perkerasan lentur dan RAB. Data yang digunakan dalam perencanaan adalah data meteologi yaitu data curah hujan, data long section, data cros section, data LHR, data CBR

Hasil studi memberikan nilai R = 1100,   Lebar jalan = 7 meter, b= 2,5 meter, Rc= 1097,75 meter , B= 2,52 meter (m), Z= 0,253, Bt= 7,293 meter (m), ∆t= 0,293 m dan Kecepatan (V)= 80 km/jam didapatkan kesimpulan yaitu mengurangi terjadinya kecelakaan.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012