ANALISA PERBANDINGAN KUAT TEKAN BETON DARI CAMPURAN BETON TAMBAH GULA DAN BATUBARA

RIDWAN NOR DIANSYAH

Abstract


Kualitas beton bergantung pada bahan-bahan penyusunnya. Besarnya kuat beton dipengaruhi beberapa hal antara lain: fas, jenis semen, gradasi agregat, sifat agregat, dan pengerjaan (pencampuran, pemadatan dan perawatan), umur beton, serta bahan kimia tambahan (admixture).

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh  bahan tambah gula murni dan batubara terhadap kuat tekan beton. Variasi penambahan batubara yang digunakan adalah 20% dari berat pasir, sedangkan variasi penambahan gula adalah 20% dari berat semen. Umur pengujian 28 hari dengan benda uji kubus. Mix design menggunakan Metode SNI 03 – 2834 - 1992.

Hasil pengujian kuat tekan beton didapatkan dengan penambahan gula sebesar 20% dari berat semen adalah sebesar 185,023 Kg/cm2. Jadi bisa ditarik kesimpulan penambahan gula 20 % dari berat semen mengakibatkan kuat tekan beton menjadi lemah. Hasil pengujian kuat tekan beton didapatkan dengan penambahan  batubara  sebesar  20%  dari  berat  pasir  adalah  sebesar  219,935

Kg/cm2.  Kesimpulannya  penambahan  batubara  20  %  dari  berat  pasir  juga mengakibatkan kuat tekan beton menjadi lemah.


Keywords


Beton mutu tinggi, kuat tekan, batubara, gula murni

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012