Evaluasi Kerusakan Jalan Pada Ruas Jalan KH. Mas Mansyur Kelurahan Loa Bakung Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda

WA MASNAH

Abstract


Seiring dengan berjalannya waktu, jalan raya yang terdiei dari lapisan perkerasan akan mengalami penurunan tingkat pelayanan. menurunya tingkat pelayanan jalan ditandai dengan adanya kerusakan pada lapisan perkerasan jalan, kerusakan yang terjadi juga bervariasi paada setiap segmen di sepanjang ruas jalan dan apabila dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan memperburuk kondisi lapisan perkerasan sehingga dapat memperburuk kondisi lapisan perkerasan sehingga dapat mempengaruhi keamanan, kenyamanan, dan kelancaran dalam berlalu lintas, sehingga diperlukan dilakukan program pemeliharaan. Pemeliharaan kerusakan jalan ini juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu diperlukan evaluasi kondisi kerusakan jalan untuk menentukan jenis pemeliharaan dan penanganan apa yang tepat untuk dilaksanakan.

 

Kecamatan Sungai Kunjang merupakan daerah akses jalan poros untuk dilalui menuju ke wilayah Samarinda Koa dan merupakan jalan yang menghubungkan Kecamatan ke Kota. Banyaknya kendaraan berat membawa sembako serta logistik alat berat melewati ruas jalan poros ini. Oleh karena itu ruas jalan ini banyak mengalami kerusakan.

 

Dari data hasil survey kerusakan pada ruas jalan ini ada beberapa jenis kerusakan yang terjadi yaitu : berupa Retak Buaya (Alligator Cracking), Retak Blok (Block Cracking), Amblas (Depression), Pelepasan Butiran (Raveling), dan luang (Polished).

 

Tingkat kerusakan dan penilaian kadar kerusakan pada ruas jalan sepanjang 2,35 kilometer rata-rata secara keseluruhan berdasarkan rating nilai Metode Pavement Condition Index (PCI) 100 dalam kondisi excellent, hal ini disebabkan pada waktu penelitian ruas jalan ini dalam masa pemeliharaan perbaikan jalan.

 

Perbaikan penanganan kerusakan jalan ada beberapa metode yaitu ; Metode perbaikan P1 (laburan aspal setempat), Metode perbaikan P2 (melapisi Retak), Metode perbaikan P3 (pengisian retak), Metode perbaikan P4 (penambalan lubang) dan metode perbaikan P5 pelepasan butiran (Reveling) dan perataan.


Keywords


Jenis Kerusakana Jalan, Metode Pavement Condition Index (PCI), Penanganan Kerusakan Jalan.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012