ANALISIS NILAI HASIL TERHADAP WAKTU PADA PROYEK KONSTRUKSI (Studi Kasus Proyek Pembangunan Rumah Susun Ponpes Hidayatullah Kota Bontang)

DWI PRASETYO

Abstract


Pembangunan Nasional merupakan cerminan kehendak terus-menerus meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia secara adil dan merata, serta mengembangkan kehidupan masyarakat dan penyelenggara negara yang maju dan demokratis berdasarkan Pancasila (Kartasasmita, 1996). Pembangunan Nasional meliputi pembangunan infrastruktur di setiap daerah yang berfungsi meningkatkan fungsi layanan dalam suatu instansi/daerah.

Sejak tahun 1990-an terdapat suatu kecenderungan baru dalam perencanaan pembangunan yang lebih berorientasi kepada pelaksanaannya. Apabila sebelumnya perencanaan terlalu menekankan kepada berbagai prinsip dan teknik perumusan dalam proses pembangunan maka hal yang harus diperhatikan juga adalah aspek-aspek pelaksanaan pembangunan (M.A., 1992). Hal ini berarti bahwa dalam pelaksanaan pembangunan saat ini diperhatikan pula kesesuaiannya dengan perencanaan yang telah lebih dulu dilakukan.

Pembangunan gedung pada masa kini sangat dibutuhkan demi menunjang berbagai kegiatan, seperti tempat tinggal, belajar-mengajar, pusat pelayanan, dan lain sebagainya. Untuk Gedung dengan skala besar, dibutuhkan lahan yang luas, sumber daya yang memadai, termasuk dana yang cukup besar.

Pada tahun 2019, pemerintah menganggarkan dana untuk pembangunan infrastruktur sebesar Rp. 420,5 T. Angka tersebut meningkat sebesar 2,4 persen dari tahun sebelumnya (Gumelar, 2018). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemerintah terus meningkatkan pembangunan demi kemajuan bangsa.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012