KAJIAN SISTEM DRAINASE KAWASAN VORVOO KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

ACHMAD MAULAKUM

Abstract


Keberadan saluran drainase yang repsentatif adalah hal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi demi mencegah meluapnya debit banjir yang sering terjadi bilamana hujan turun. Kondisi saluran banyak yang tidak dapat berfungsi secara maksimal, sehingga menyebabkan terhambatnya debit air yang mengalir di dalam saluran tersebut, semakin memprihatikan saluran tersebut merupakan saluran drainase yang berada di pusat-pusat kota dan pertokoan. Tujuan penulisan ini adalah menghitung debit banjir yang turun dan mengetahui permasalahan yang terjadi di wilayah tersebut.

Berkaitan dengan studi kasus kajian sistem drainase kawasan vorvoo kota samarinda maka diperlukan data primer, data sekunder, juga didukung dengan data penunjang lainnya. Tujuan yang hendak dicapai melalui perhitungan ini bermaksud agar mampu mengatasi debit limpasan air yang sering terjadi di lokasi tersebut.

Dari hasil survey dilokasi saluran drainase yang ada menggunakan tipe trapesium dengan, T = 2.00 m,  H = 2.00 m, B = 1.75 m. Data sekunder diambil dari Data Curah Hujan Kota Samarinda dari Badan Meteorologi Bandara Temindung Kota Samarinda, Peta Kota Samarinda, Data Kota Samarinda dalam Angka. 


Keywords


Saluran Drainase, Debit Banjir, Limpasan Air.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012