ANALISA PERBANDINGAN TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) DENGAN METODE BINA MARGA 2017 DAN METODE AASHTO 1993 PADA RUAS JALAN NEGARA KABUPATEN PANAJAM PASER UTARA

SAIFUL MARDI YUSUF

Abstract


Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan mobilitas keseharian. Dibandingkan dengan transportasi air dan udara. Agar jalan tersebut dapat dilalui dengan baik maka perlu diadakan perkerasan jalan. Jalan negara yang terletak dikabupaten panajam paser utara dalam pengerjaannya menggunakan perkerasan kaku, agar perkerasan tahan sampai pada masa layanannya. Maka perlu metode desain yang tepat dalam perencanaannya. Terdapat banyak metode untuk mendesain tebal pelat beton ini, diantaranya metode Bina Marga 2017 dan AASHTO 1993, yang merupakan metode-metode yang sering digunakan di indonesia, untuk perencanaan tebal pelat beton untuk perkerasan jalan. Studi ini bertujuan untuk menganalisa desain tebal perkerasan mengkaji parameter-parameter pada perencanaan kedua metode, perencanaan tebal pelat beton, dan melakukan analisa perbandingan hasil kedua metode tersebut.

Metode ini dimulai dengan pengumpulan data primer berupa data lalu lintas dan data tanah. Setelah itu pengumpulan data sekunder yang berupa data pertumbuhan lalu lintas dan data hidrologi, kemudian dilakukan perhitungan tebal perkerasan dengan menggunakan kedua metode tersebut. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa tebal perkerasan kaku yang dihitung menggunakan metode Bina Marga 2017 didapat sebesar 280 mm atau 28 cm. Sedangkan yang dihitung dengan metode AASHTO 1993 didapat sebesar 330 mm atau 33 cm. Dari hasil yang diperoleh dari kedua metode tersebut tidak begitu jauh berbeda. Hal ini dikarenakan perbedaan parameter input dari masing-masing metode.


Keywords


Tebal Perkerasan Kaku, Bina Marga 2017, AASHTO 1993.

Full Text:

doc

References


Adi, Ari Sasmoko, 2017. Perancangan Tebal Perkerasan Jalan Raya, Samarinda: Teknik Sipil, Universitas 17 Agustus 1945.

Andrianto, Carto. 2010, Pemilihan Teknik Perbaikan Perkerasan Jalan Dan Biaya Penangananya (Skripsi), Surakarta: Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret.

Alamsyah, Alik Ansori, 2006, Rekayasa Jalan Raya, Universitas Muhammadiyah Malang.

Suryawan, Ary, 2005. Perkerasan Jalan Beton Semen (Rigid Pavement). Yogyakarta.

Arthur Wignal dkk, 2000, Proyek Jalan Teori dan Praktek, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Simamora, Bina Jaya, Arie Syahruddin Dan Bambang Edison, 2002. Perencanaan Tebal Perkerasan Ruas Jalan Di STA. 0+000 sampai STA 4+000. Pada Area Pekerbuhan Kelapa Sawit PT. JABONTARA EKA KARSA. (Jurnal), Kabupaten Berau: Teknik Sipil, Universitas Pasir Pangaraiaan.

AASHATO, 1993, Guide for Desaign of Pavement Structures, American Association of State Higways and Transportation Officials, Washington, DC, USA.

Direktorat Jendral BINA MARGA, Departemen Pekerjaan Umum, 2008. Standar Nasional Indonesai Tentang Analisis Biaya. Pekerjaan Kontruksi, Penerbit Dep. PU, Jakarta

Direktorat Jendral BINA MARGA, 2017. Manual Desain Perkerasan Jalan (Revisi Juni 2017). Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Penerbit Dep. PU, Jakarta

Standart Nasional Indonesia (SNI Pd T-14-2003), Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2003, Perencanaan Perkerasan Jalan Beton (SNI Pd T-14-2003), Jakarta, 2003.

Standart Nasional Indonesia (SNI Pd T-14-2004b), Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2004, Perencanaan Perkerasan Jalan Beton (SNI Pd T-14-2004), Jakarta, 2004.

PETUNJUK PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT)-STANDAR KONTRUKSI BANGUNAN INDONESIA (SKBI.2.3.28.1998),NAASRA ( interm guide to pavement thickness design), (SKBI.2.3.28.1998), indonesia, 1979.

Noor Halim, S.2018. Evaluasi Tebal Perkerasan Dengan Metode Bina Marga 2017 Dan AASHTO 1993 Serta Pengaruhnya Terhadap RAB. Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.

Oktavianadin, Diva Tanjung A. 2018. Perencanaan Perkerasan Kaku Pada Simpang Bersinyal Seturan Berdasarkan Metode AASHTA 1993 Dan Metode Bina Marga 2017. Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Maulana, Uleng. 2015.Perencanaan Tebal Perkeraran Kaku Metode NAASRA Dan AASHTO 1993 Jalan Loa Janan-Batas Tenggarong Kutai Kartanegara. Skripsi. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Samarinda.

Putranto,Yonandika P. 2016. Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan Tol Karanganyar-Solo. Tugas Akhir. Universitas Brawijaya. Malang.

Ardiansyah, 2015. Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan Panda Manunggal Jaya Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Skripsi. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Samarinda.

Rusmadi, Satria. 2015. Perencanaan Tebal Perkerasan Beton Semen Pada Ruas Jalan Suryanata Kusuma Dan Jalan Usman Aman Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Skripsi. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Samarinda.

Prawitno, Andri. 2011. Analisa Perbandingan Tebal Perkerasan Kaku Dengan Metode Bina Marga 2002 Dan AASHTO 1993 (studi kasus : jalan proklamasi, kecamatan kuantan tengah, kabupaten kuntan singingi). Skripsi. Universitas Islam Kuantan. Singingi

Sutanto, Heri. 2017. Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Dengan Metode NAASRA Dan Rencana Anggaran Biaya Pada Jalan Sambera-Santan Kalimantan Timur. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Syahrudi, Efan. 2018. Perbandingan Tebal Perkerasan Kaku Dengan Metode Bina Marga 2003 Dan 2017 (Studi kasus : Jalan Kelemantan-Sekodi). Tugas Akhir. Politeknik Negeri Bengkalis. Riau.

Sulandari, Eti. 2017. Perbandingan Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Dengan Menggunakan Metode Bina Marga 2003 Dan AASHTO 1993 (Studi Kasus : Pada Ruas Jalan Parit Haji Muksin II- Kubu Raya). Skripsi. Univesitas Tanjungpura. Pontianak.

http://dataonline.bmkg.go.id/akses_data

https://petakota.blogspot.com/2017/02/peta-kabupaten-penajam-paser-utara.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012