Perencanaan Pusat Industri Kreatif Animasi,Komik, dan Ilustrasi di Kota Samarinda Pendekatan Arsitektur Metafora

NADYA MULYA PUTRI

Abstract


Di Kota Samarinda memiliki banyak komunitas yang bergerak di bidang animasi, komik dan ilustrasi namun  belum memiliki wadah dengan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan seperti studio gambar, studio produksi dan berfungsi menampung komunitas animasi, komik, dan ilustrasi sehingga kegiatan komunitas ini sering berpindah-pindah tempat, atau bekerja secara online karena tidak memiliki studio yang tetap sehingga menjadi tidak efektif. Maka Pusat Industri Kreatif di bidang Animasi, Komik dan Ilustrasi hadir sebagai rumah produksi yang mampu menjawab potensi dan permasalahan tersebut. Sehingga mampu mewadahi animator, ilustrator dan komikus untuk berkarya dan mengeksplor kreatifitas mereka agar kualitas karya animasi, komik maupun ilustrasi lokal meningkat khususnya Kalimantan Timur.

Konsep bentuk pada Pusat Industri Kreatif di bidang Animasi, Komik dan Ilustrasi mengambil tema “arsitektur metafora” yang merupakan pengandaian bentuk. Bentuk yang di ambil pada Pusat Industri Kreatif adalah mouse komputer dan balonkata. Arsitektur metafora digunakan untuk menggambarkan fungsi bangunannya dan menambah estetika bangunan.


Keywords


Industri Kreatif, Animasi, Komik, Arsitektur Metafora

Full Text:

doc

References


Ahmad, A. 2016. BAB III Tinjauan Pustaka Tentang Metafora. Di akses pada 24 Januari 2021 jam 16.20. http://ejournal.uajy.ac.id/16206/4/TA153883.pdf.

Anna. 2 Juli, 2020. Kebutuhan Studio Komik dan Ilustrasi di Kota Samarinda. (N. Mulya, Interviewer)

Anggraini,N. 2008. Industri Kreatif. Jurnal ekonomi Volume XIII No. 3, Hal.144-151.

Ching, Francis. D.K. 2008. Arsitektur Bentuk, Ruang dan Tatanan Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dwi Tangoro, Kuntjoro Sukardi, A.Sadili S. 2006. Buku Struktur Bangunan Tinggi Dan Bentang Lebar. Hal.1. Depok

KBBI. (2016). KBBI. Di akses pada Desember 20, 2020 from Komik: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/komik

KKBI. (2016). Animasi. Di akses pada Desember 12, 2020 from kbbi animasi: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/animasi

Lie, C. (2008). Caravan Studio Art. Di akses pada 3 Januari , 2021 from Caravan Studio Website: http://caravanstudio.com/

Nisfihani, A. (2020, June 24). Kebutuhan Studio Animasi, Komik dan Ilustrasi di Kota Samarinda. (N. Mulya, Interviewer)

PUPR, P. (2017). Bagian Ketiga Kelengkapan Prasarana dan Sarana Pemanfaatan Bangunan Gedung Pasal 36. From PERMENPUPR No.14: www.PermenPUPR14-2017.pdf

PUPR, P. (2017). Hubungan Vertikal Antar Lantai. From Persayaratan Kemudahan Bangunan Gedung Permen PUPR: file:///C:/Users/Acer-GK/Downloads/PermenPUPR14-2017.pdf

Ravika, A. (n.d.). Sejarah Animasi. Retrieved Januari 1 , 2021 from Sejarah Animasi Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/12/090000069/sejarah-singkat-animasi?page=all

Ridho, I. (2017). Industri Kreatif. Pusat Industri Kreatif Palembang, 1.

S. Juwana, J. (2005). Panduan Sistem Bangunan Tinggi. Jakarta: Penerbit : Erlangga.

Ventusky - Wind, Rain and Temperature Map

Yoga,Krisna. 2014. Penghawaan Alami, dari http://uruhara69.blogspot.co.id/2014/09/penghawaan-alami.html, diakses 29 april 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012