PERENCANAAN GGEDUNG SENI LUKIS DI KOTA SAMARINDA

ARTA IMAN SETIAWAN

Abstract


Seni lukis merupakan salah satu seni rupa dua dimensi yang sudah jarang didapati oleh masyarakat. Samarinda memiliki berbagai macam komunitas seni lukis, diantaranya seni lukis mural, seni lukis graffiti dan seni lukis tipografi. Adapun latar belakang penulisan ini adalah karena kebutuhan masyarakat untuk dapat mengenal dan mempelajari tentang seni lukis mural, graffiti dan tipografi serta menyediakan fasilitas untuk para komunitas seni lukis di Kota Samarinda. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana rencana Gedung Seni Lukis di Kota Samarinda dengan pendekatan Arsitektur hybrid pada bangunan. Sehingga pada tujuan penelitian ini yaitu, merencanakan Gedung Seni Lukis di Kota Samarinda yang memiliki fasilitas seni lukis lengkap dengan pendekatan Arsitektur Hybrid pada bangunan. Pembuatan penelitian ini menggunakan cara pengumpulan data dengan observasi lapangan dan studi literatur yang mendukung teori penyelesaian masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan metode penelitian analisa, metode penelitian deskriptif adalah data primer dan data sekunder, untuk metode analisa adalah analisa program ruang, analisa tapak dan analisa dengan pendekatan arsitektur hybrid dengan 3 tahapan yaitu, ektetik, manipulasi, dan penggabungan. Dari hasil pembahasan berupa total besaran ruang sebesar dengan KDB sebesar 4.896 m2 Dan KDH sebesar 11.424 m2 maka kebutuhan lahan yang digunakan adalah sebesar 16.320 m2 , untuk lokasi terpilih berada di Jalan Kadrie Oening kec. Samarinda Ulu dengan skor 14. Pada analisa dan konsep penekanan diprioritaskan pada fasad bangunan dengan bentuk dasar lingkaran dan persegi.

Keywords


seni lukis, gedung, hybrid

Full Text:

pdf

References


Ching, Francis D. K. (2016). Arsitektur – Bentuk, Ruang, dan Tatanan. Edisi 3. Hakim, Rustam, (2012). Komponen Perancangan Arsitektur Lanskap – Prinsip, Unsur dan Aplikasi Desain. Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Ningsar, Ningsar, and Deddy Erdiono. (2012). Komparasi Konsep Arsitektur Hibrid dan Arsitektur Simbiosis. Diss. Sam Ratulangi University.

Darmawan, Edy dan Rosita, Maria. (2016). Konsep Perancangan Arsitektur. Penerbit Erlangga. Wibowo, Johan Prastyo Adi, and Agus Wiryadhi Saidi. (2019). Penerapan Tema Arsitektur Hibrid Pada Fasad Hotel The Stones, Kuta, Kabupaten Badung. Jurnal Teknik Gradien. 11.1 : 64-75.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012