PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN MADUNINGRAT KOTA TENGGARONG

ANDI ARISKA

Abstract


Tingginya nilai hambatan samping pada suatu ruas jalan akan menyebabkan penurunan pada kinerja jalan. Besarnya hambatan samping sangat berpengaruh terhadap kapasitas ruas jalan dan kecepatan kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan kinerja lalu lintas pada beberapa kondisi hambatan samping dan menentukan solusi perencanaan untuk memperbaiki kinerja lalu lintas. Penelitian yang dilakukan yaitu berupa survei volume lalu lintas (LHR) untuk melihat tingkat kepadatan kendaraan, kemudian survei hambatan samping untuk melihat besarnya pengaruh gangguan dan survei kecepatan sesaat baik terganggu dan tak terganggu hambatan samping. Penelitian dilakukan pada 850 meter di ruas jalan Maduningrat. Perhitungan selanjutnya digunakan dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk Jalan Perkotaan. Berdasarkan hasil perhitungan, maka didapatkan nilai derajat kejenuhan tertinggi yaitu 0,34 dengan jumlah volume kendaraan sebesar 737 smp/jam sementara kapasitas ruas jalan 2153 smp/jam. hal ini menunjukkkan keadaan ruas jalan sedang. Tingkat hambatan samping sangat mempengaruhi penurunan kinerja jalan untuk itu diperlukan solusi penanganan seperti pengadaan lahan parkir, pengadaan trotoar, peninjauan kembali letak pintu masuk keluar pasar serta kesadaran bersama pengguna jalan untuk tertib dan taat saat berkendaraan.

Keywords


Faktor Hambatan Samping, Volume, Kecepatan, Kapasitas

Full Text:

pdf

References


Adriana, R. (2014). Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Cihampelas Bandung,Teknik Sipil ITB,

Bandung.

Ardhiarini Rizky (2008). Analisis Kinerja Ruas Jalan Di Yogyakarta Studi Kasus Jl.K.H

Ahmad Dahlan,Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Afriningsih. R. (2012). Analisa Pengaruh Kendaraan BeratTerhadap Kemacetan Pada Ruas

Jalan Imam Bonjol, Teknik Sipil Untan, Pontianak.

Amir, 2018. Perencanaan Geometric Jalan Raya Dan Panduan Pengoperasian Software

Autocad Civel 3D 2016, Samarinda.

Alin Mursalin. 2014. “Klasifikasi Jalan Menurut Fungsi”.(http://www.academia.edu

/14470932/Klasifikasi_Jalan_Menurut_Fungsi).

Bambang Dewanto, 2013. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan Merdeka

Depan Terminal Cimone Kota Tanggerang, universitas diponegoro.

Direktorat Jendaral Bina Marga 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat

Bina Jalan (Binkot).

Managemen Rekayasa Lalu Lintas Di Jalan, peraturan mentri, perhubungan 2006.

Mukti, Ratna N.2012.”Analisis Crosstab”.(http://inungpunyamimpi.blogspot.co.id

/2016/24/analisis-crosstab.html?m=1).

Randy Syaputra, 2015. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan

Nasional, Universitas Lampung.

Septyanto Kurniawan, 2016. Analisa Hambatan Samping Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan

Raya, Universitas Muhammadiyah Metro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012