ANALISA DESIGN JALAN PADA RUAS JALAN MULAWARMAN DI KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA SEPANJANG 4 KM

AS NURI

Abstract


 

Jalan Mulawarman di Kecamatan Tenggarong Seberang merupakan jalan propinsi menurut klasifikasi jalan berdasarkan wewenang pembinaan atau status jalannya yang sesuai dengan PP No. 26/1985, sedangkan menurut fungsinya termasuk jalan kolektor. Jalan tersebut sudah banyak mengalami kerusakan yang disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya :         

Disebabkan oleh faktor alam, antara lain :

-          Karena curah hujan yang tinggi.

-          Jalan tersebut terendam air karena kontur jalan yang berubah sehingga air menggenang.

-          Dan lain sebagainya.

Disebabkan oleh faktor perbuatan manusia antara lain

-          Kendaraan yang melewati jalan tersebut melebihi tekanan ganda yang di isyaratkan

-          Belum tersedianya jaringan drainase, kalaupun ada belum memenuhi syarat

-          Konstruksi lapisan perkerasan tidak memenuhi standar yang disyaratkan

Contoh : Jalan yang sering terendam air akibat limpasan air hujan tidak cocok menggunakan lapisan Flexible pavement sejenis aspal beton, dan yang paling cocok adalah jalan dengan mutu Rigid pavement seperti jalan beton semen.

Selanjutnya tidak ada koordinasi antara instansi terkait.

Contoh :          Jalan yang ada masih terus dilewati oleh kendaraan tambang yang memuat batubara yang seharusnya batubara diangkut dengan jalan khusus yaitu jalan tambang.

 

Kemudian kita melihat bersama terhadap jalan Mulawarman Kecamatan Tenggarong Seberang, dimana kendaraan berat dengan tekanan ganda yang besar sering lewat dalam mengangkut alat berat, solar dengan kapasitas tinggi terus melewati jalan tersebut.

Oleh sebab banyaknya kendaraan besar yang lewat disamping sering tergenang air, maka konstruksi lapisannya yang berkonstruksi Aspal beton (AC) tidak kuat seperti yang terlihat sekarang ini, karena itu dalam rangka perbaikan jalan tersebut sebaiknya di beri Perkerasan beton semen bersambung tanpa tulangan kami yakin akan lebih efisien daripada setiap bulan hanya di tambal-tambal (Patching) saja.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012