STUDI PERBANDINGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA DAN RENCANA ANGGARAN PELAKSANA PADA PEMBANGUNAN KANTOR KELURAHAN SEMPAJA SELATAN KOTA SAMARINDA

IKHWANUL ANNUR

Abstract


Rencana anggaran biaya (RAB) di definisikan sebagai perhitungan biaya yang diperkirakan dalam pekerjaan proyek yang disusun berdasarkan bahan upah material serta volume dari setiap item pekerjaan  pada  gambar  atau bestek. Namun dalam pelaksanaan proyek dikenal juga rencana anggaran pelaksanaan (RAP). RAP adalah estimasi perkiraan biaya proyek sesungguhnya yang di butuhkan untuk melaksanakan sebuah proyek hingga tuntas. Pada penelitian ini penulis bertujuan untuk menganalisa selisih rencana anggaran biaya (RAB) berdasarkan SNI dengan rencana anggaran pelaksana (RAP) pada pembangunan Kantor Kelurahan Sempaja Selatan Kota Samarinda


Keywords


Rencana Anggaran Pelaksanaan, Rencana Anggaran Biaya

Full Text:

doc

References


Antonio, H.C., Edward, Proboyo Budiman., Santoso H.I. Studi Tentang Analisa Biaya Konstruksi SNI 2008 (BSN) dan Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umum (KPU), Surabaya.

Soedradjat S, A Ir. 1984. Analisa (Cara Modern) Anggaran Biaya Pelaksana, Bandung. Penerbit Nova.

Sekarsari, Dewi. Mangare B, Jantje. Ingkriwang L, Revo. 2018. Analisis Perbandingan Biaya Nyata Dengan SNI, Pembangunan Ruko Di Daerah Sorong Papua Barat Terhadap Daerah Manado Sulawesti Utara. Univeristas Sam Ratulangi Manado.

Sari Kumala, Ratri. Abma, Vendie. 2017. Perbandingan Penggunaan Biaya Riil Pelaksanaan Dan RAB Berpedoman PERMEN PUPR Dengan RAB Proyek. Universitas Islam Indonesia.

Cornelia, B. 2003. Analisa Produktivitas Tenaga Kerja Dalam Kaitannya Terhadap Waktu Dan Pelaksanaan Proyek Konstruksi. Universitas Udayana, Denpasar.

Candra Dewi, A.A.Sri.A. 2004. Produktivitas Tenaga Kerja Dan Alat Untuk Pekerjaan Struktur Beton Pada Konstruksi Gedung Di Denpasar dan Bandung. Universitas Udayana, Denpasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012