PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA GEDUNG DINAS KEHUTANAN SAMARINDA DENGAN ANALISA BOW DAN SNI

EKA LILY VIVIA FEBRIANI

Abstract


Seiring pesatnya perkembangan dan banyaknya pembangunan-pemabangunan yang ada seorang seorang konsultan,pemborong maupun pekerja teknik lainnya harus memiliki pengetahuan yang memadai dalam melakukan perhitungan suatu Rencana Anggaran Biaya. Kesalalahan dalam perhitungan akan menjadi masalahbdikemudian hari, baik masalah yang menyangkut usia dari konstrusi tersebut maupun finansial. Karena ini merupakan langkah awal dari suatu pekerjaan dan akan menjadi patokan sampai pekerjaan itu selesai.

Dalam pekerjaan konstruksi serimgkali terjadi perbedaan perhitungan Rencana Anggaran Biaya. Perbedaan dalam pola perhitungan ini dikarenakan adanya beberapa macam metode yang ada. Selisih dari perhitungan tersebut terkadang sangat signifikan sekali. Sehingga dengan adanya penelitian ini dapat dipertimbangkan metode manakah yang sesuai dan menguntungkan untuk digunakan saat ini.

Dalam penelitian ini akan dilakukan perhitungan dengan cara membandingkan dua metode yang umum digunakan yaitu menggunakan Analisa BOW (Burgerlijke Openbare werken) dan analisa Analisa Biaya konstruksi SNI. Perhitungan pun dilakukan pada Gedung Aula Dinas Kehutanan Samarinda

Pengamatan di lapangan menunjukan bahwa pengetahuan di bangku kuliah banyak dilengkapi dengan pengetahuan dan wawasan di lapangan, khususnya di bidang konstruksi untuk mencapai proyek yang berhasil.


Keywords


Indeks yang digunakan adalah metode Analisa Biaya Konstruksi SNI

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012