ANALISA KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PCI DAN BINA MARGA BESERTA ALTERNATIF PENANGANANNYA JALAN RAYA TENGGARONG – KOTA BANGUN KM.15 KEC.LOA IPUH DARAT

MEINALDI NAINGGOLAN

Abstract


Faktor yang sering dianggap menjadi masalah terhadap kerusakan jalan bagi masyrakat
yang ada disekitar jalan Poros Tenggarong-Kota Bangun ialah faktor kendaraan yang sering
melintas diruas jalan yang melebihi beban muatan (overload), di samping itu mungkin masih
banyak faktor penyebab kerusakan lainnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
mengidentifikasi kondisi perkerasan jalan untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan yang
terjadi serta menghitung jenis dan tingkat kerusakan jalan agar diperoleh nilai Pavement
Condition Index (PCI) sehingga dapat menentukan jenis perbaikan dan pemeliharaan yang
sesuai. dengan cara mengukur panjang, luas dan kedalaman terhadap tiap - tiap jenis kerusakan
serta menghitung nilai (density, deduct value, total deduct value, corrected deduct value),
sehingga kemudian akan didapat nilai PCI yang merupakan acuan dalam penilaian kondisi
perkerasan jalan. Berdasarkan hasil perhitungan maka didapat nilai Pavement Condition Index
(PCI) untuk ruas jalan Poros Tenggarong-Kota Bangung KM.15 adalah 52.24. Dari nilai PCI
yang didapat maka ruas jalan ini termasuk dalam klasifikasi sedang (fair)


Keywords


Metode PCI dan Bina Marga 1992

Full Text:

pdf

References


Abubakar, dkk. 1997. Menuju Lalulintas dan Angkutan Jalan yang Tertib, Jakarta :

Direktorat Jendral Perhubungan Darat

Ahmad Munawar, 2004, Manajemen Lalu Lintas Perkotaan, “Beta Offset” Jogjakarta

Alamsyah, Alik, 2005, Rekayasa Lalu lintas, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, 1999, Rekayasa Lalu lintas (Pedoman Perencanaan

dan Pengoperasian Lalu lintas di wilayah Perkotaan), Direktorat Bina sistem Lalu lintas dan

Angkutan Kota Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta

McShane, WR. Roess, R.P, 1990, Traffic Engineering, Prentice-Hall, Inc.

Miro, Fidel, 2002, Perencanaan Transportasi Untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi. Jakarta,

Penerbit Erlangga

Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI’97), Direktorat Jenderal Bina Marga,

Departemen Pekerjaan Umum.

Morlok, E.K., 1998, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlangga,

Jakarta.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan Panduan Survai dan

Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu lintas No. 001/T/BNKT/1990, Direktorat Jenderal Bina

Marga, Direktorat Pembinaan Jalan Kota

Tamin, Ofyar Z, 1997, Perencanaan & Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB Bandung,

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, Jakarta. Undang-

undang Republik Indonesia No 22 tahun 2009 Tentang Lalu lintas dan Angkutan

Warpani, Suwardjoko, 2002, Rekayasa Lalu lintas, Bhratara Aksara, Jakarta

Zul Andri, Horas. SM Marpaung, Mardani Sebayang, 2017, Analisis Waktu Tempuh

Kendaraan Bermotor Dengan Metode Kendaraan Bergerak, (Studi Kasus Jalan

Pekanbaru – Bangkinang), Jom FTEKNIK Volume 4 No. 2 Oktober 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012