ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BANDAR UDARA KALIMARAU BERAU
Abstract
Seiring dengan bertambahnya kemajuan teknologi dan informasi yang
cepat, perkembangan teknologi inilah yang membuat manusia
menginginkan suatu yang cepat dan mudah, salah satu produk jasa yang
ditawarkan kepada konsumen untuk melakukan mobilitas dengan mudah
dan cepat ialah transportasi udara.
Transportasi jenis ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan
dengan transportasi lainnya, karena keunggulannya saat ini banyak yang
menggunakan transportasi udara sebagai pilihan utama dalam
melakukam mobilitas atau aktifitas karena kecepatannya yang lebih cepat
dibandingkan dengan transportasi lainnya dan daya jelajah yang lebih
luas. Teknologi canggih dan moderen salah satunya yang ada di
Kalimantan Timur, Kabupaten Berau yang bernama Bandar Udara
Kalimarau.
Meninjau bagaimana karakteristik pengguna layanan yang mendapatkan
fasilitas pelayanan di terminal Bandar Udara Kalimarau, untuk bertujuan
mengetahui bagaimana tingkat kepuasan dan harapan setelah
mendapatkan fasilitas pelayanan di Bandar Udara Kalimarau.
Dengan menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) akan
memberikan data yang jelas mengenai tingkat kepuasan pelanggan
sehingga pada satuan waktu tertentu dapat melakukan evaluasi secara
berkala, untuk memperbaiki apa yang kurang dan meningkatkan
pelayanan yang dinilai customer
Full Text:
pdfReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Publik.
Jakarta: Bina Aksara.
Cahyo Ariyono, Prabowo. 2018. “Dampak Inovasi Layanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan dan Peningkatan Nilai Pelanggan Di Bandara Adjisutjipto
Yogyakarta”. Yogyakarta.
Darus Kasyful Mahalli, Muhammd Dhio. 2014. “Analisis Tingkat Kepuasan
Penumpang Terhadap Kualitas Pelanggan Di Bandara Udara Internasional
Kualanamu”. Sumatra Utara Medan.
Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana
Indonesia. Hadi Sutrisno.1991. Analisis Butir Untuk Instrumen. Cetakan
Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012