ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BANDAR UDARA KALIMARAU BERAU

ARPANI ARPANI

Abstract


Seiring dengan bertambahnya kemajuan teknologi dan informasi yang
cepat, perkembangan teknologi inilah yang membuat manusia
menginginkan suatu yang cepat dan mudah, salah satu produk jasa yang
ditawarkan kepada konsumen untuk melakukan mobilitas dengan mudah
dan cepat ialah transportasi udara.
Transportasi jenis ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan
dengan transportasi lainnya, karena keunggulannya saat ini banyak yang
menggunakan transportasi udara sebagai pilihan utama dalam
melakukam mobilitas atau aktifitas karena kecepatannya yang lebih cepat
dibandingkan dengan transportasi lainnya dan daya jelajah yang lebih
luas. Teknologi canggih dan moderen salah satunya yang ada di
Kalimantan Timur, Kabupaten Berau yang bernama Bandar Udara
Kalimarau.
Meninjau bagaimana karakteristik pengguna layanan yang mendapatkan
fasilitas pelayanan di terminal Bandar Udara Kalimarau, untuk bertujuan
mengetahui bagaimana tingkat kepuasan dan harapan setelah
mendapatkan fasilitas pelayanan di Bandar Udara Kalimarau.
Dengan menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) akan
memberikan data yang jelas mengenai tingkat kepuasan pelanggan
sehingga pada satuan waktu tertentu dapat melakukan evaluasi secara
berkala, untuk memperbaiki apa yang kurang dan meningkatkan
pelayanan yang dinilai customer


Full Text:

pdf

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Publik.

Jakarta: Bina Aksara.

Cahyo Ariyono, Prabowo. 2018. “Dampak Inovasi Layanan Terhadap Kepuasan

Pelanggan dan Peningkatan Nilai Pelanggan Di Bandara Adjisutjipto

Yogyakarta”. Yogyakarta.

Darus Kasyful Mahalli, Muhammd Dhio. 2014. “Analisis Tingkat Kepuasan

Penumpang Terhadap Kualitas Pelanggan Di Bandara Udara Internasional

Kualanamu”. Sumatra Utara Medan.

Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana

Indonesia. Hadi Sutrisno.1991. Analisis Butir Untuk Instrumen. Cetakan

Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012