ANALISA SEBARAN KEBISINGAN AKIBAT AKTIVITAS LANDING DAN TAKE-OFF SEKITAR BANDAR UDARA SULTAN AJI MUHAMMAD SULAIMAN BALIKPAPAN

ALAM SYAH

Abstract


Kebisingan merupakan bunyi atau suara yang tidak dikehendaki yang bersifat
mengganggu pendengaran dan dapat menurunkan daya dengar seseorang yang
terpapar.Banyaknya pesawat yang landing dan take-off menyebabkan tingginya
tingkat kebisingan di sekitar bandara. Tingkat kebisingan ini, selain dipengaruhi oleh
frekuensi penerbangan yang tinggi juga dipengaruhi oleh jenis mesin jet yang
digunakan oleh pesawat. Kebisingan dapat menimbulkan gangguan terhadap
pekerjaan yang sedang dilakukan seseorang melalui gangguan psikologi dan
gangguan konsentrasi sehingga menurunkan produktivitas kerja. Oleh karena itu,
informasi tingkat kebisingan dibutuhkan untuk menentukan sebaran kebisingan di
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan. Kontur kebisingan pada
penelitian ini menggunakan data penerbangan 5 hari. Berdasarkan penelitian, total
kawasan kebisingan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan adalah
0,039 km² dengan berjarak 2 km dari runway terdapat pemukiman warga. Dengan
penanaman pohon peredam kebisingan di sisi rumah warga dapat meminimalisir
kebisingan.Penelitian ini mengambil obyek pada Bandara Sultan Aji Muhammad
Sulaiman Balikpapan yang berlokasi di Jl.Marsma R.Iswahyudi sepinggan raya kota
Balikpapan Kalimantan Timur yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura I Balikpapan.
Dari hasil evaluasi dan analisis data diperoleh berupa Jadwal penerbangan,dan data
kebisingan bandara. Berdasarkan perhitungan Analisa WECPNL tingkat kebisingan
di lokasi bandara ( Aproon ), maka diketahui pengaruh kebisingan terhadap karyawan
masih dalam Nilai Ambang Batas yang wajar yaitu 73.18 dB dan untuk kebisingan di
daerah pemukiman, pengaruh kebisingan terhadap masyarakat cukup tinggi yaitu
91.26 dB..


Keywords


Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan,Kontur Kebisingan,WECPNL,Peredam Kebisingan

Full Text:

pdf

References


ahyadi,D., Kurniawan.A. Agustus

Pengukuran Lingkungan

Fisik Kerja dan Wokrstation Di

Kantor Pos Pusat

Samarinda.Vol.7 No.2,Agustus

:1267-2000, Indonesia

Direktur Jenderal Perhubungan

Udara Nomor : SKEP/ 109 / VI

/ 2002 Tentang Petunjuk

Pelaksanaan Pembuatan

Kawasan Kebisingan Bandar

udara.

Jurnal Teknik Sipil ,Vol. 1, No. 1 (2018)

August 27, 2018

Daniaty,N,M.,Riang,

G,S,M.,Kewa.A. Juli 2017.

Analisa Tingkat Kebisingan

Lalu Lintas Di Jalan Raya. Juli

/ Vol.2 / No 1, Indonesia

Digilib.unimus.ac.id/download.php

Https://katapembelajar.blogspot.co

m/2017/10/tentang-kebisingan.

Suhariani, G,S., Andarani, P.,

Istirokhatun, T. Analisa Sebaran

Kebisingan Akibat Aktivitas

Landing Dan Take-Off

Menggunakan Sofware

Integrated Noise Model 7.0d Di

Sekitar Bandar Udara Ahmad

Yani Semarang. Vol. 5, No. 4

( 2016 ),Indonesia

Menteri Negara Lingkungan Hidup

, Peraturan Menteri Negara

Lingkungan Hidup No : Kep -

/MENLH/1996 Tentang

Baku Tingkat Kebisingan 25

Nopember 1996, Jakarta.

Liu, M,C Kondisi Peredam Bising

Akibat Lalu Lintas Pesawat

Udara Di Bandar Udara Sultan

Hasanuddin Terhadap

Aktivitas Masyarakat Di

kawasan Permukiman

Sudiang. Jurnal Transportasi

Vol. 11 No. 3 Desember 2011

: 183-190

Menteri Tenaga Kerja , Peraturan

Menteri Tenaga Kerja No :

Kep -51/MEN/1999 Tentang

Nilai Ambang Batas Faktor

Fisika Di Tempat Kerja,

Jakarta.

Winduadi.blogspot.com/2014/01/

tanaman-peredam-kebisingan

Tarwaka, Bakri, S.HA., Sudiajeng,

L, Ergonomi Untuk

Keselamatan,Kesehatan Kerja

dan Produktivitas, Ed 1, Cet 1

Sukarta : UNIBA PRESS,2004.

Undang-Undang. Kitab Undang-

Undang Hukum Perdata UU

No. 1 Tahun 2009 tentang

Penerbang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012