ANALISA KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) PADA PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN THE CONCEPTS BOUTIQUE OFFICE DI SAMARINDA

SEPRI GUSTIAWAN

Abstract


Perilaku pekerja terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) memegang peranan yang sangat penting dalam mengurangi kecelakaan kerja di bidang konstruksi, sehingga perlu dilakukan studi bagaimana perilaku pekerja dalam menerapkan aturan-aturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perilaku pekerja konstruksi terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan faktor penghambat pekerja dalam menerapkan aturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan proyek konstruksi.

 

Pengumpulan data yang dilakukan yaitu data primer berupa kuesioner, observasi dan wawancara langsung, dan data sekunder yang diperoleh berupa data jumlah pekerja dan data Alat Pelindung Diri (APD) yang disediakan. Pengolahan data dilakukan dengan metode deskriptif dan photograph.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pekerja terhadap K3 masih sangat kurang karena masih banyak ditemukan pekerja melakukan tindakan tidak aman sewaktu bekerja seperti tidak menggunakan APD, bergurau dengan rekan kerja, merokok, dan melakukan gerakan berbahaya (berlari pada saat bekerja, melempar material dan tidak menggunakan alat bantu). 


Keywords


Keselamatan, Kesehatan Kerja, Perilaku Pekerja, Konstruksi.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012