Manajemen Kostruksi Pada Pelaksanaan Pembangunan Jalan Poros Martadipura Menuju Sebelimbingan di Kabupaten Kutai Kartanegara

ARI RAMA PUTRA

Abstract


Pembangunan infrastruktur Jalan dan Jembatan di Kabupaten Kutai Kartanegara yang memiliki luas wilayah  ± 27.263,10 km2 dan luas perairan  ±4.097 km2 terus ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat di daerah ini. Pada pembangunan Jembatan Martadipura yang berada di ujung Desa Liang Kecamatan Kota Bangun menuju Desa Sebelimbingan Kecamatan Kenohan Kutai Kartanegara terus dikerjakan dengan sistem kontrak tahun jamak (multiyears). Jika jembatan dan Jalan Martadipura ini rampung maka seluruh kawasan di Kabupaten Kutai Kertanegara terbebas dari isolasi wilayah. Martadipura merupakan simpul utama menghubungkan 5 kecamatan terisolir akses daratnya menuju ibukota kabupaten di Tenggarong. Konstruksi Jembatan Martadipura memiliki bentang sepanjang 560 meter. Terdiri bentang utama 200 meter dan lebar 9 meter. Sedang tinggi dari lantai jalan hingga konstruksi teratas 35 meter. Namun sejak 2005 hingga kini jembatan ini belum dioperasikan karena tidak ada jalan pendekat terutama pada sisi menuju Desa Sebelimbingan sepanjang 10 kilometer. Sebab ujung jembatan kearah Desa Sebelimbingan kondisi geografisnya labil dan berawa-rawa, sehingga harus menggunakan teknologi Pile slab untuk membangun jembatan layang diatasnya.

Maksud tugas akhir ini adalah untuk menganalisisi dan merencanakan manajemen kegiatan pelaksanaan pembangunan Jalan Poros Martadipura Menuju Sebelimbingan menggunakan pile slab di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Tujuan tugas akhir ini :

  1. Mengetahui estimasi biaya anggaran kegiatan  pelaksanaan pembangunan Jalan Poros Martadipura Menuju Sebelimbingan menggunakan pile slab.
  2. Mengetahui tahapan kerja pembangunan Jalan Poros Martadipura Menuju Sebelimbingan menggunakan pile slab.
  3. Merencanakan waktu kemajuan komulatif pekerjaan dengan menggunakan kurva-S (time schedul).

Berdasarkan rumusan masalah maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

  1. Rekapitulasi estimasi anggaran biaya kegiatan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Jalan Poros martadipura menuju Sebelimbingan yang menggunakan Pile Slab sebesar Rp. 94.183.381.400,00
  2. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Jalan Poros martadipura menuju Sebelimbingan yang menggunakan Pile Slab terbagi 2 tahap yaitu Tahap 1, Pemancangan dan Tahap 2, Pelaksanaan Pier Head.
  3. Jadwal waktu Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Jalan Poros martadipura menuju Sebelimbingan yang menggunakan Pile Slab merupakan kontrak tahun jamak (multiyears) dan awal kontrak pada 30 November 2011 sampai November 2014. Maka untuk kegiatan komulatif  dengan menggunakan kurva-S (time schedul)

Keywords


Pile Slab, Jalan Poros Martadipura

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012