PERHITUNGAN STRUKTUR BOX CULVERT PADA RUAS JALAN PULAU KALIMANTAN KECAMATAN SEBULU

SAYID ACHMAD MAULANA

Abstract


Drainase  adalah  prasarana   yang  berfungsi  mengalirkan   air  permukaan kebadan  air  atau  bangunan  resapan  buatan.  Sedangkan  drainase  perkotaan adalah drainase diwilayah perkotaan yang berfungsi mengendalikan kelebihan air permukaan sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat dan lingkungan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

 

Pada peneltian ini dilakukan perhitungan terhadap system drainase pada ruas jalan pulau Kalimantan kec. Sebulu dengan menggunakan jenis box culvert dari konstruksi beton bertulang dan dari hasil perhitungan didapat kebutuhan dimensi box culvert 300 x 300 cm dengan panjang 1200 cm. Dimensi tersebut mampu menyalurkan debit air rancangan sebesar 2,288 m3/detik untuk umur rencana 5 tahun. Nilai debit rancangan  didapat  dari hasil analisis frekuensi  data curah hujan  berdasarkan  metode  gumbell  dari  data  curah  hujan  rata  rata  dengan jumlah tahun pengamatan sebanyak 10 tahun.

 

Dari hasil perhitungan penulangan didapat untuk penulangan pelat lantai atas dan  bawah  menggunakan  diameter  19  mm  dan  untuk  diameter  penulangan samping dan sayap menggunakan diameter16mm. Selain itu box culvert direncanakan terhadap beban kendaraan dengan muatan sumbu terberat sebesar

8 ton, sehingga tidak disarankan untuk beban lalu lintas yang lebih besar dari 8 ton untuk melintas di atasnya.

 


Keywords


box culvert,hujan,debit,penulangan,diameter.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012