Pengaruh Pemahaman “Constructability” Terhadap Kinerja Konsultan Perencana

Heri Purnomo

Abstract


Adanya beberapa masalah yang seringkali timbul pada proyek-proyek konstruksi ternyata sangat menghambat berkembangan proses efisiensi dan produktivitas di lapangan. Dari hal ini peneliti berusaha untuk menemukan suatu konsep baru bagi peningkatan kinerja konsultan proyek. Konsep Constructability merupakan proses perancangan dalam mempermudah perencanaan proses konstruksi yang fokusnya adalah keinginan tercapainya penyelesaian proyek konstruksi secara menyeluruh. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah apakah Constructability yang terdiri dari Perencanaan Konsep, Design dan Pengadaan, Pelaksanaan di Lapangan berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap Kinerja Konsultan Perencana.

Populasi penelitian ini adalah karyawan konsultan pengawas dan kontraktor pelaksana, yang mengerjakan Proyek Pembangunan Jalan dan Jembatan Di Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 53 Orang. Pengumpulan data penelitian digunakan form kuisoner. Penulis menggunakan skala Linkred dengan rentang (Range) 1 sampai dengan 5. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil analisa penelitian menunjukkan bahwa Constructability yang terdiri dari Perencanaan Konsep (X1), Design dan Pengadaan (X2), Pelaksanaan di Lapangan (X3) berpengaruh signifikan secara simultan Kinerja Konsultan Perencana, dengan Fhitung sebesar 140.505 dengan signifikansi 0,000. Besarnya kontribusi atau pengaruh pelaksanaan Constructability yang terdiri dari perencanaan konsep, design dan pengadaan, pelaksanaan di lapangan terhadap kinerja konsultan proyek adalah sebesar 89.6% dan sisanya 10.4% dipengaruhi oleh variabel lain. Dan secara parsial, Constructability yang terdiri dari Perencanaan Konsep (X1), Design dan Pengadaan (X2), Pelaksanaan di Lapangan (X3) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Konsultan Proyek. Variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja konsultan proyek adalah pelaksanaan di lapangan. 


Keywords


: Constructability Perencanaan Konsep (X1), Design dan Pengadaan (X2), Pelaksanaan di Lapangan (X3)

Full Text:

PDF

References


Adams, 1989 "Highway Construct*Ability Guide." Research Project 3-6-88-1149. The Center for Transportation Research, the University of Texas at Austin, Texas.

Francis et.al., 1996 Constructability Improvement of Highway Projects in Washington." Research Project GC 8720, Task 5. Washington State Transportation Center.

Gujarati Damodar. 1995. Basic Econometrics, Third Edition. Mc Graw-Hill International Editions

Sugiyono. 2003. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

_______. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Supranto. 2001. Statistik; Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga

The Construction Industry Institute., 1986, Constructability. Publication 3-1. University of Texas, Austin, Tex

Tucker & Scarlet, 1986 The Construction Industry Institute.Publication 3-1. University of Texas, Austin, Texas.

Weltman, A.J. dan Head, J.M., 1983, Site Investigation Manual, Construction Industry Research and Information Association (CIRIA), London.

Wrigth, 1994, Constructability Guide , Michigan : Kreitzberg Assoc Inc.

Tri Joko Wahyu Adi, ST,MT. 2000, Tesis Peran Konsultan Perencana Dalam Peningkatan Constructability, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Khanif Ashar, ST.MT .2006, Skripsi Peran Kontraktor Dalam Peningkatan Constructability, Universitas 17 Agustus 1945, Samarinda.




DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v4i1.2488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KURVA S

 

Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390