Karakteristik Pasir Lokal dan Fly Ash Terhadap Kuat Tekan Bata Beton

Syahrul Syahrul

Abstract


Paving block sering digunakan sebagai konstruksi trotoar, berkembangnya penggunaan material dengan berbagai variasi, paving block berkembang dan dipergunakan sebagai bagian dari konstruksi seperti penggunaan terminal kontainer, jalan raya, area parkir, serta area terbuka. Kemudahan untuk dipasang serta dibongkar, perawatan yang mudah dan pertemuan dari aspek estetika menyebabkan lebih banyak digunakan. Pemanfaatan paving block bisa juga divariasikan dengan jenis konstruksi untuk permukaan tanah. Paving block memiliki keunggulan terhadap keseimbangan air tanah. Penelitian dengan variasi fly ash dan pasir Mahakam terhadap kekuatan tekan bata beton (paving block) untuk memperoleh proporsi campuran pembuatan paving block dan penambahan fly ash kisaran 10%, 15%, 20% hingga uji tekan bata beton, sesuai spesifikasi bata beton (paving block). Kualitas paving block bergantung pada bahan – bahan penyusunnya, untuk pembuatan paving block diperlukan bahan penyusun yang bebas dari bahan – bahan organik seperti halnya dalam pembuatan beton dan tentunya akan memberikan kualitas paving block sangat baik serta memiliki mutu tinggi sesuai standar yang sesaui SNI. penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk akademisi sebagai referensi penelitian lanjutan bagi yang berkepentingan serta mengetahui komposisi campuran pembuatan paving block, baik mutu sedang maupun mutu tinggi dengan metode perbandingan berat, serta mengetahui perubahan nilai kekuatan bata beton pada variasi penambahan fly ash yang berbeda

Keywords


Paving Block, Pasir Mahakam, Fly Ash

Full Text:

pdf

References


Badan Standarisasi Nasional, 2002, Standar Nasional

Indonesia 03-6825-2002 Metode Pengujian Kekuatan

Tekan Mortar Semen Portland untuk Pekerjaan Sipil.

Jakarta : Dewan Standarisasi Nasional.

Badan Standarisasi Nasional, 2004, Standar Nasional

Indonesia 15-7064-2004 Semen Portland Komposit.

Jakarta : Dewan Standarisasi Nasional.

Ginting, Rut Maria BR. 2009. Pemanfaatan Limbah (Oil

Sludge) Sebagai Bahan Utama Dalam Pembuatan

Bata Konstruksi Paving Block. Universitas Sumatera

Utara.




DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v2i1.4366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KURVA S

 

Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390