Analisis Tingkat Kerentanan Terhadap Potensi Bahaya Kebakaran di Permukiman Padat Penduduk di Kelurahan Pelita Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda

Findia Findia

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang nilai tingkat kerentanan terhadap potensi bahaya kebakaran di kelurahan Pelita. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode skoring untuk mengidentifikasi nilai tingkat kerentanan terhadap potensi kebakaran berdasarkan variabel potensi kebakaran yang terdiri atas kepadatan bangunan rumah mukim, pola bangunan rumah mukim, jenis atap bangunan rumah mukim, lokasi sumber air, lebar jalan masuk, kepadatan lalu lintas kelistrikan, keterjangkaun hidran, ketersediaan tendon air, usia bangunan dan dinding bangunan. Berdasarkan hasil pengamatan GPS Area Measurement dan survey, wilayah yang menjadi sampel penelitian yaitu di jalan Lambung Mangkurat Gg Masjid akan dibagi menjadi 4 blok permukiman (blok I, II, III, IV) dengan menggunakan metode grid. Dari hasil analisis diketahui keempat blok masuk dalam kategori tinggi dengan skor masing-masing 26, 26, 29 dan 27.

Keywords


Permukiman Padat; Bahaya Kebakaran; Kerentanan Terhadap Kebakaran

Full Text:

pdf

References


Badan Pusat Statistik Kota Samarinda, 2018. Samarinda Dalam Angka. Samarinda: BPS Kota Samarinda.

Badan Pusat Statistik Kota Samarinda, 2018. Kecamatan Samarinda Ilir Dalam Angka. Samarinda: BPS Kota Samarinda

Herlambang, Abdul Aziz (2017), Tingkat Kerentanan Pemukiman Terhadap Potensi Bahaya Kebakaran Di Wilayah Padat Penduduk Di Kelurahan Peneleh Kecamatan Gentenng Kota Surabaya, Swara Bhumi, Volume 04 Nomor 03, Hal 39-43.

Kartika, Alif, Lukman. 2005. Telaah Kajian Populasi dan Sampel. Bina Graha. Moer. 2002. Metode Penelitian Survey. Intan Grafika Mandiri. Bandung.

Sangarimbun. 1995. Metode Penelitian dan Kajian Survey. Sucofindo. Surabaya.

Somantri Lili (2011), Pemanfaatan Citra Quick Bird dan Sistem Informasi Geografis untuk Zonasi Kerentanan Bahaya Kebakaran Permukiman Kasus Di Kota Bandung Bagian Barat, Gea, Vol.11, No.1

Suprapto. 2005. Telaah Kebakaran dan Mengantisipasinya. Mitra Persada Dunia. Medan.




DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v8i1.6762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kurva S : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil

 

Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390