Analisa Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metode MDP 2017 dan Austroads 2017 Pada Simpang 4 Outer Ringroads-Bandara Samarinda Baru Samarinda, Kalimantan Timur

Trimardiah Rante Samban, M. Jazir Alkas, Budi Haryanto

Abstract


Pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) sebagai Bandara bertaraf internasional di Kota Samarinda memerlukan akses jalan yang baik, menuju ke bandara maupun dari bandara. Namun jalan yang tersedia tidak mencukupi kebutuhan dan pada jalan ini sering terjadi banjir oleh luapan Sungai Karang Mumus, sehingga dilakukan pembangunan jalan baru pada jalan simp 4 outer Ringroad- Bandara Samarinda Baru.  Perkerasan yang tepat menjadi kunci baiknya masa layan jalan selama umur rencana. Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan Austroads 2017 adalah dua dari beberapa metode perencanaan tebal yang ada. Studi ini menggunakan kedua metode perencanaan tersebut. Didapatkan bahwa perkerasan yang direncanakan dengan metode manual desain perkerasan jalan 2017 lebih tebal dibandingkan dengan yang dihasilkan oleh metode Austroads 2017 kemudian dilakukan pengujian untuk mengetahui ketahanan terhadap tebal yang dihasilkan dengan program KENPAVE versi 2003. Berdasarkan perbandingan nilai repetisi didapatkan bahwa perencanaan dengan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 hanya dapat menahan kerusakan rutting tetapi tidak dapat menahan fatique cracking dan  permanent deformation. Hal ini juga terjadi pada perkerasan yang direncanakan dengan Austroads 2017 perkerasan rencana hanya dapat mehanan rutting tetapi tidak dapat menahan fatique cracking  dan permanent deformation.

Keywords


Perkerasan Jalan; Manual Desain Perkerasan Jalan 2017; Austroads 2017; Circly 7.0; KENPAVE

Full Text:

PDF

References


Austroads, 2004. A Guide Structural Design of Road Pavement. Australia University, Sidney

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Juni, 2017, Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 04/SE/Db/2017, Jakarta

Hardiyatmo, H.C., 2015, Pemeliharaan Jalan Raya, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Huang, Y.H, 2004, Pavement Analysis and Design, 2nd ed, Pearson Education, New Jersey

Silvia Sukirman. 2010. Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur. Nova, Bandung




DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v10i3.6846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kurva S : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil

 

Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390