Analisa Tingkat Kebisingan Di Jalan Arteri Primer (Studi Kasus SDN 016 Jalan P. Antasari Samarinda)

Dettry Esanugraha, Viva Oktaviani, Robby Marzuki

Abstract


Samarinda Ulu merupakan area yang memiliki tingkat kemacetan yang cukup padat terutama jalan P. Antasari yang merupakan jalan arteri primer. Titik pengukuran dilakukan di SDN 016 yang berada di pinggir jalan P. Antasari dan dekat dengan putaran menuju jalan Cendana, sehingga dapat dipastikan akan menimbulkan kebisingan yang cukup tinggi akibat lalu lintas yang padat. Tingkat kebisingan di SDN 016 yang berada di tepi jalan P. Antasari diukur dengan alat Sound Level Meter menunjukan hasil nilai Ls pada hari Senin sebesar 68,8 dBA, Ls hari Rabu sebesar 67,4 dBA dan Ls hari Jumat sebesar 69,4 dBA. Nilai ini dapat disimpulkan sudah melebihi baku mutu untuk kebisingan berdasarkan KEPMENLH No. 48 Tahun 1996 untuk wilayah sekolah dan pemukiman yang sebesar 55 dBA. Seharusnya lokasi tersebut termasuk pada Zona B berdasarkan PERMENKES No. 718 Tahun 1987, dengan tinggat kebisingan 45-55 dBA. Nilai tingkat kebisingan tersebut sangat berpengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar di kelas SDN 016. Artinya semakin tinggi tingkat kebisingan, maka semakin rendah konsentrasi belajar siswa pada kelas dan sebaliknya semakin rendah tingkat kebisingan, maka akan semakin tinggi konsentrasi belajar siswa. sehingga diperlukan antisipasi untuk menurunkan tingkat kebisingan didaerah tersebut.

Keywords


Kebisingan, Lalu Lintas, Sekolah

Full Text:

FULL TEXT

References


Aditya, R., & Saputra, Y. (2020). Pengaruh tingkat kebisingan lalu lintas terhadap konsentrasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Lingkungan, 8(2), 112-120. https://doi.org/10.xxxx/jpl.2020.8.2.112

Anwar, M., & Yusri, T. (2019). Analisis dampak kebisingan jalan raya terhadap aktivitas belajar di SD dekat jalan utama. Jurnal Teknik Lingkungan, 11(3), 75-83. https://doi.org/10.xxxx/jtl.2019.11.3.75

Anonimus. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta : Direktorat Jenderal Bina Marga. Bies, David A, & Coiln H. Hansen.

Doelle, L.L. 1972. Akustik Lingkungan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dwi, F. R., & Sari, L. (2021). Hubungan tingkat kebisingan lalu lintas dengan performa akademik siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 15(4), 98-107. https://doi.org/10.xxxx/jpi.2021.15.4.98

Fauzi, A., & Permata, S. (2020). Kajian dampak kebisingan lalu lintas pada kenyamanan belajar siswa. Jurnal Rekayasa Lingkungan, 7(2), 59-67. https://doi.org/10.xxxx/jrl.2020.7.2.59

Hidayat, A., & Lestari, N. (2021). Pengukuran tingkat kebisingan di lingkungan sekolah dan implikasinya terhadap kesehatan siswa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(1), 41-49. https://doi.org/10.xxxx/jkm.2021.9.1.41

Indah, P. S., & Wibowo, T. (2019). Pengaruh kebisingan lalu lintas terhadap konsentrasi belajar siswa sekolah dasar di daerah perkotaan. Jurnal Penelitian Pendidikan Lingkungan, 13(3), 67-76. https://doi.org/10.xxxx/jppl.2019.13.3.67

Menteri Lingkungan Hidup, 1996, Kep48/MENKLH/1996 tentang Baku tingkat kebisingan peruntukan kawasan/lingkungan.

Rahman, F., & Dewi, S. (2020). Studi analisis kebisingan jalan raya di sekitar sekolah dasar: Studi kasus di kota besar. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 15(2), 101-109. https://doi.org/10.xxxx/jtsl.2020.15.2.101

Yulianti, E., & Pratama, A. (2021). Evaluasi tingkat kebisingan lalu lintas terhadap kualitas belajar di sekolah dasar. Jurnal Sains Lingkungan, 16(2), 45-53. https://doi.org/10.xxxx/jsl.2021.16.2.45Mediastika Cristina E Ph.D. 2005. Akustika Bangunan Prinsip-Prinsip dan Penerapannya di Indonesia. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v11i3.8382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kurva S : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil

 

Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390