Efektifitas Mortar Busa Dalam Mengurangi Penurunan Tanah Pada Oprit Jembatan Putri Petong

Hendrik Marsus, Muhammad Ridwan, Insan Kamil

Abstract


Jembatan Putri Petong di Kabupaten Paser, yang diresmikan pada 2012, menghubungkan Desa Sungai Tuak dengan Kecamatan Tanah Grogot. Jembatan pelengkung sepanjang 300 meter ini mengalami penurunan fungsi pada opritnya setelah 11 tahun beroperasi. Oprit sepanjang 50 meter, dengan kemiringan 5%, menunjukkan penurunan visual sekitar 31,5 cm. Tanah dasar oprit terdiri dari tanah lempung lunak dengan daya dukung rendah, menyebabkan penurunan tidak seragam. Penelitian ini menggunakan metode elemen hingga dengan perangkat lunak Plaxis 2D dan pemodelan Soft Soil Model untuk menganalisis penurunan tanah pada oprit. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penggunaan mortar busa mengurangi penurunan tanah sebesar 19,28% dibandingkan tanah timbunan pilihan, sementara kombinasi mortar busa dengan pancang mortar foam mengurangi penurunan hingga 44,38%. Penerapan mortar busa dan kombinasi pancang mortar foam terbukti efektif dalam mengatasi penurunan tanah pada oprit Jembatan Putri Petong, meningkatkan stabilitas dan keamanan jembatan dalam jangka panjang. Pendekatan ini memberikan solusi signifikan untuk masalah penurunan tanah, memastikan jembatan tetap aman untuk dilalui kendaraan bermotor.


Keywords


Mortar foam, Penurunan Tanah, Oprit Jembatan

Full Text:

FULL TEXT

References


Atamini, H., dan Moestofa, B. (2018). Evaluasi Stabilitas dan Penurunan Antara Timbunan Ringan Mortar Busa Dibandingkan dengan Timbunan Pilihan Pada Oprit Jembatan (Studi Kasus: Flyover Antapani, Kota Bandung). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. No. 1, Vol. 4. Bandung

B Herry Vaza. (n.d.). (2022). Teknologi Material Ringan Mortar-Busa Untuk Jalan Diatas Tanah Lunak. Pusat Litbang Jalan dan Jembatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Badan Standarisasi Nasional. 2021. SNI 8460:2017 Persyaratan perancangan geoteknik

Bahari, dkk. (2017). Analisis Geoteknik pada Teknologi Corrugated Mortar Busa Pusjatan (CMP) dalam perencanaan Flyover Antapani, Jurnal Online Institut Teknologi Nasional

Bramantya G. (2021). Analisis Nilai Stabilitas Dan Penurunan Pada Timbunan Ringan Mortar Busa Dan Timbunan Tanah Konvensional Pada Oprit Jembatan. Universitas Islam Indonesia

E Efendi, A. W.. 2022. Repair analysis of Pinang Bridge oprit subsidence with mortar form using LISA FEA. Journal Of Research And Inovation In Civil Engineering As Applied Science

Efendi, A. W., Do, Y., & Rachman, N. F. (2022). Behavior of Rail Ballast Layer Using Mortar Foam with LISA-FEA. Journal of Railway Transportation.

Faiz NF. (2022). Analisis Stabilitas Dan Penurunan Timbunan Ringan Mortar Busa Dibandingkan Dengan Menggunkan Timbunan Pilihan Pada Oprit Jembatan (Analysis Of Stability And Settlement Of Corrugatted Mortar Pusjatan Compared By Using Selected Embankment On Bridge Oprit). Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Hidayat,D, Purwana, Y. M., & Pramesti, F. P. (2016). Analisis Material Ringan Dengan Mortar Busa Pada Konstruksi Timbunan Jalan. Universitas Muhammadiyah Jakarta

Rudianto. (2021). Analisis Penurunan Tanah Dengan Plaxis 2d Dan 3d Pada Proyek Reklamasi Belawan.




DOI: https://doi.org/10.31293/teknikd.v12i3.8448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Kurva S : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil

 

Departemen of Civil Engineering
Faculty of Engineering
University of 17 Agustus 1945 Samarinda
Jl. Ir. H. Juanda No. 80 P 75124 Samarinda, East Kalimantan 75124
Phone : +62541743390