Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Totem menerbitkan hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan terkini, dengan  makalah penelitian asli, komunikasi singkat, dan ulasan artikel dari para peneliti yang mencakup penelitian-penelitian di bidang arsitektur, lingkungan, wilayah dan kearifan lokal.

Jurnal Totem membahas bidang-bidang berikut :

  • teori arsitektur, sejarah dan desain
  • ilmu dan teknologi arsitektur
  • perumahan dan pemukiman
  • arsitektur lansekap dan desain perkotaan
  • desain arsitektur dengan kearifan lokal

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Semua artikel yang diterbitkan di Jurnal Totem : Architecture, Environment, Region and Local Wisdom melewati proses review single-blind. Selain itu semua manuskrip harus terbebas dari isi plagiarisme. Untuk hal tersebut penulis disarankan untuk menggunakan deteksi plagiarisme software sepertiTurnitin, Plagiarims checker atau lainnya untuk melakukan pengecekan kesamaan. Kesamaan yang diperkenankan adalah sebesar kurang dari 25%. 

Artikel penelitian yang disampaikan ke jurnal ini akan di review sekurang-kurangnya 2 (dua) reviewer. reviewer akan memberikan komentar dan masukkan yang bernilai ilmiah serta memperbaiki isi manuskrip. Setiap peninjau diberikan waktu selama satu bulan untuk melakukan peninjauan. Jika dalam waktu yang ditentukan peninjau tidak memberikan respon maka proses peninjauan diganti dengan peninjau yang lain dengan kualifikasi yang sama.

Keputusan akhir penerimaan artikel akan dilakukan oleh Editor berdasarkan rekomendasi dari reviewer. Publikasi artikel yang diterima termasuk urutan artikel yang dipublikasikan akan dilakukan oleh Pemimpin Redaksi dengan mempertimbangkan urutan tanggal penerimaan, pendistribusian geografis penulis, dan isu tematik.

 

Publication Frequency

Jurnal Totem memuat hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan terkini, dengan tulisan di bidang arsitektur, lingkungan, wilayah dan kearifan lokal.

Terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun pada bulan April dan bulan Oktober Redaksi Jurnal Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda 75124.

Email: totem.arsitektur45@gmail.com

 

Open Access Policy

Seluruh konten jurnal ini dapat diakses terbuka langsung berdasarkan prinsip bahwa membuat penelitian harus dapat diakses oleh semua secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Oleh karena jurnal ini adalah jurnal akses terbuka yang berarti semua konten tersedia secara gratis tanpa ada biaya yang akan dibebankan kepada pengguna perorangan atau institusi. Pengguna diizinkan untuk membaca, mendownload, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap dalam jurnal ini tanpa perlu meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau pengarang. Hal ini sesuai dengan Budapest Open Access Initiative

 

Archiving

Jurnal Totem  menggunakan sistem pengarsipan LOCKSS dan CLOCKSS untuk distribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi.  Kami mengizinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip jurnal permanen untuk tujuan pelestarian dan pemulihan artikel yang diterbitkan. More...