Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Totem : Architecture, Environment, Region and Local Wisdom?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal Totem : Architecture, Environment, Region and Local Wisdom. Menerima manusript dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang baik. Tulisan yang disubmit dapat berupa Artikel Penelitian Asli, Artikel Review, dan Komunikasi Singkat , harus karya asli dan tidak diterbitkan atau diserahkan untuk publikasi di tempat lain.

1. Pedoman Penulis Umum

Manuscript harus diserahkan ke Editorial Jurnal Totem melalui Online: http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/ARS/login di mana penulis mendaftar sebagai Penulis dan / atau sebagai Reviewer. Jika penulis memiliki masalah pada pengiriman online, silakan menghubungi  Editor in Chief: Ir. Prasetyo, MT. totem.arsitektur45@gmail.com telp : 0541 743390

2.Template Naskah

Naskah harus disiapkan sesuai dengan pedoman penulis berikut dalam templat artikel MS Word (unduh templat artikel MS Word di sini).

3. Peninjauan Naskah

Setiap makalah yang dikirim ditinjau secara independen oleh setidaknya dua peninjau sejawat. Keputusan untuk publikasi, amandemen, atau penolakan didasarkan pada laporan/rekomendasi mereka. Jika dua atau lebih pengulas menganggap naskah tidak cocok untuk publikasi dalam jurnal ini, pernyataan yang menjelaskan dasar keputusan akan dikirim kepada penulis dalam waktu tiga bulan sejak tanggal pengiriman (link: Peer Review Process).

4. Revisi Naskah

Naskah yang telah mendapat tinjauan dari peninjau akan dikirim kembali ke penulis untuk revisi harus segera dikembalikan ke editor. Naskah yang telah direvisi dapat dikirim melalui (http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/ARS/). Naskah yang Direvisi dikembalikan lebih dari tiga bulan akan dianggap sebagai kiriman baru.

5. Pedoman untuk Pemasukkan Online

Apabila penulis belum pernah memasukkan artikel maka harus mendaftar terlebih dahulu sebagai Penulis serta diberi kesempatan sebagai Peninjau melalui http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/ARS/login. Penulis harus mengisi formulir sedetail mungkin di mana formulir bertanda bintang harus diisi.

Setelah pengiriman ini, Penulis yang mengirimkan naskah akan mendapatkan email konfirmasi tentang pengiriman tersebut. Oleh karena itu, Penulis dapat melacak status pengiriman mereka kapan saja dengan masuk ke antarmuka pengiriman online.

6. Pedoman Penyusunan Naskah

A. Pengaturan Kertas

Semua makalah yang telah melalui proses peer review akan diterbitkanoleh Kantor Editorial setelah diputuskan oleh Editor. Tata letak kertas akhir akan direproduksi di Editorial Jurnal Totem. Tata letak kertas akhir dalam jenis PDF  akan dipublikasikan pertama kali di Article in Press sehingga masih ada kesempatan bagi penulis untuk memberi koreksi yang bukan substansial.

B. Penulisan Artikel

Secara keseluruhan artikel harus terdiri atas. Judul, nama penulis, alamat penulis, correspondensi (email), abstrak, Pendahuluan, Metodologi (Bahan, Alat dan Prosedur Kerja), Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan terimakasih (bila ada), Daftar pustaka. (Contoh selengkapnya di unduh : Template Jurnal

Secara detail ukuran font huruf adalah sebagai berikut:

   - Judul 12 pt  (Indonesia Huruf kapital semua)...bagian awal

     (English huruf besar diawal kata).... bagian kedua

   - Author 11 pt

   - Alamat 10 pt

   - email 10 pt

   - Abstract dan keyword 10 pt

   - Isi Tulisan 11 pt

 C. Tabel dan Gambar

Nama tabel dan nomor urutnya diletakkan di atas tabel (Contoh : Tabel 1. Hasil silang). Huruf untuk judul tabel harus dalam 11pt. Jika tabel tersebut di Tabel dirujuk dalam teks dengan nomor tabel. misal: Tabel 1. Tabel yang ditampilkan hanya garis horizontal yang harus ditunjukkan pada tabel.

Untuk memasukkan gambar, perli diperhatikan gambar yang digunakan memiliki resolusi minimal 300 dpi dan dapat dibaca dengan jelas.  Nama gambar di tulis pada bagian bawah gambar dengan posisi rata tengah (Contoh: Gambar 1. Persilangan buah anggur)

D. Persamaan

Persamaan harus diberi nomor urut dalam tanda kurung seperti yang ditunjukkan pada Persamaan (1). Persamaan harus disiapkan menggunakan MS Equation Editor (tidak dalam format gambar). Nomor persamaan harus ditempatkan di sisi kanan ekstrem.

E. Unit, Singkatan, dan Simbol

Penulis harus menetapkan singkatan dan simbol pada bagian awal tulisan.  Selanjutnya digunakan tulisan tersebut di seluruh naskah.

F. Huruf, dan Spasi

Naskah harus diketik Microsoft Word atau Open Office). Font yang digunakan di seluruh kertas adalah Times New Roman. Ukuran kertas adalah A4 (mis., 210 x 297 mm), format satu kolom dengan margin 2,5 cm di bagian atas, margin 2,5 cm di bagian bawah, margin 2,5 cm di kiri, dan margin 2,5 cm di kanan. Nomor halaman harus dimasukkan dalam teks yang terletak di bagian footer dari setiap halaman.

G. Judul makalah

Judul makalah yang dibuat harus akurat, tidak ambigu, spesifik, dan lengkap. Jangan mengandung singkatan yang jarang digunakan.

H. Nama Penulis dan Afiliasi

Nama penulis tanpa jabatan dan jabatan profesional seperti Prof, Dr, Maksum. Jika nama pengarangnya terlalu panjang dapat digunakan singkatan. Tulis afiliasi yang jelas dari semua Penulis. Afiliasi termasuk nama Jurusan/Departemen/Program Studi, (fakultas), nama universitas, alamat, negara. Harap tunjukkan Penulis yang Sesuai (sertakan alamat email) dengan menambahkan tanda bintang (*) dalam superskrip di belakang nama.

I. Abstrak

Abstrak harus singkat, jelas, dan spesifik serta memberikan informasi kepada pembaca apa yang dilakukan serta menampilkan temuan-temuan yang diperoleh. Harap menghindari penggunan kata-kata dan istilah tidah biasa.

Kata kunci adalah kata-kata yang memudahkan pembaca lain atau mesin pencari  untuk melacak tulisan anda.  Kata kunci harus mewakili kata-kata yang anda tuliskan di abstrak. Setiap kata kunci dalam kata kunci harus dipisahkan dengan koma (,), bukan titik koma (;). Jumlah kata kunci yang diperbolehkan minimal 5 kata.

J. Pendahuluan

Dalam Pendahuluan, Penulis harus memberikan latar belakang yang mendasari riset ini dilaksanakan, menggunakan literatur yang relevan, memberikan gambaran tentang hasil penelitian yang telah diperoleh sebelumnya, keterbatasan yang dilakukan oleh penelitian sebelumnya, apa yang harus dilakukan. Anda berharap untuk mencapai (untuk mengatasi keterbatasan) yang dilakukan peneliti sebelumnya, dan menunjukkan kelebihan ilmiah atau hal baru dari makalah ini. Penulis harus menyatakan tujuan pekerjaan pada akhir bagian pendahuluan.

K. Metodologi

Metode harus dapat membuat pembaca dapat mereproduksi kembali riset anda. Tampilkan secara detail sehingga memungkinkan pekerjaan direproduksi. Metode yang sudah diterbitkan harus dirujuk dengan referensi: bagian yang di modifikasi harus dijelaskan. Diharapkan tidak mengulai metode yang sudah ada secara detail.

L. Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan harus menampilkan temuan-temuan yang diperoleh (ilmiah) dalam bentuk yang ringkas. Hasil yang ditampilkan harus jelas , singkat dan mudah dipahami. Berikan ulasan tentang hasil yang diperoleh dengan hasil penemuan lain dengan memberikan acuan pustaka yang benar-benar menjadi rujukan dan relevan. Pada bagian ini peting untuk menampilkan data orignal sehingga dapat menjadi acuan peneliti yang membaca dan ingin melanjutkan/mengembangkan penelitian sejenis . Bagian-bagian yang harus dibahas di dalam hasil dan pembahasan: Hasil yang diperoleh terkait dengan pendahuluan atau apakah tujuan awal dari penelitian yang anda lakukan? Berikan interprestasi pada setiap hasil yang diperoleh dengan menggunkan rujukan yang mendukun. Memberikan penjelasan adanya konsistensi antara hasil yang anda peroleh dengan hasil yang dilakukan oleh peneliti lain.

M. Kesimpulan

Dalam kesimpulan anda harus memberikan jawaban tujuan penelitian. Membuat ringkasan hasil yang telah diperoleh (tidak perlu rujukan).  Kesimpulan harus singkat dan jelas sehingga pengulas dan pembaca akan mudah untuk memahami karya tersebut, serta dengan mudah menyatakan kelayakan artikel terbit di jurnal ini. Jangan memberikan kesimpulan yang  menampilkan data dalam bentuk tabel. Diharapkan ada justifikasi ilmiah yang jelas dari pekerjaan Anda, serta kemungkinan untuk pengembangannya di masa depan.

N. Ucapan terimakasih

Berikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak atau individu (Pendukung keuangan, orang yang membantu menganalisis dan mengolah data/sampel anda) yang membantu dalam penelitian, terutama mendanai pendukung penelitian Anda. Jangan menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak yang terkait langsung dengan riset anda.

O. Referensi

Kutipan yang ditampilkan adalah kutikan yang menjadi dasar riset anda dan dibaca secara utuh. Sebaiknya tidak membuat naskah terlalu banyak referensi namun tidak semua referensi menjadi acuan. Jumlah pustaka yang digunakan minimal 15 artikel. Pustaka yang digunakan sebagai referensi harus menggunakan sumber pustaka terbaru (80% kurang dari 10 tahun terakhir). Pengutipan referensi sebaiknya menggunakan tool referensi yang tersedia di online di Recommendation Tools seperti Zotero, Mendeley, dan Endnote.

Semua publikasi yang dikutip dalam teks harus dimasukkan sebagai daftar referensi. Referensi diurutkan sesuai dengan abjad. Perlu dipastikan bahwa setiap referensi yang dikutip dalam teks juga ada dalam daftar referensi (dan sebaliknya). Hasil komunikasi pribadi secara lisan agar tidak dimasukkan dalam referensi. Jika referensi tidak dipublikasikan seperti Skripsi, Tesis, Disertasi maka harus dituliskan sumbernya (Skripsi, Tesis atau Disertasi) namun lebih disarankan menggunakan referensi dari sumber yang dapat di telusuri secara online.  Jika referensi yang digunakan “in press” (telah diterima untuk publikasi) maka referensi harus mencantumkan minimal URL,  atau jika diketahui (DOI, nama penulis, tanggal harus diberikan. Referensi web dapat dicantumkan dengan menuliskan nama penulis, tahun, judul, alamat URL, dan tanggal diakses. Referensi diterbitkan setidaknya kurang dari  10 tahun terakhir. Secara keseluruhan referensi dapat berasal dari sumber primer (Skripsi, tesis dan Disertasi) atau artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah, jika memungkinkan artikel-artikel dari jurnal kami dapat digunakan sebagai referensi. Jumlah referensi yang berasal dari Skripsi, Tesis, dan Disertasi sebaiknya tidak lebih dari 3(tiga) referensi jika di mungkinkan. Daftar referensi yang disusun seperti cara penulisan referensi. Untuk artikel yang berasal dari jurnal maka nama jurnal yang digunakan adalah singkatan yang biasa di gunakan untuk jurnal tersebut.

O.1 Cara penulisan referensi

Referensi di atur secara berurutan sesuai dengan abjad.

Buku:

Makmur, H., dan Adi, M.S., 1991. Maju Bersama Kimia, Penerbit Akademik Kluwer, Ambon.

Makmur, H., dan Adi, M.S., 1991. Kimia Fisika, Terjemahan oleh Adi Kumala, Usaha Nasional, Surabaya

Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Brahma, R.C.I., Makmur, H., dan Adi, M.S., 2012. Pemanfaatan Biji Gandaria, Tesis, Jurusan Kimia, Universitas Pattimura, Ambon.

Makmur, H., dan Adi, M.S., 2012. Pemanfaatan Biji Gandaria, Disertasi, Jurusan Kimia, Universitas Pattimura, Ambon.

Brahma, R.C.I., 2012, Pemanfaatan Biji Gandaria, Laporan Teknis, Jurusan Kimia, Universitas Pattimura, Ambon.

Simposium, Prosiding, Konferensi:

Brahma, R.C.I., 2012 Pemanfaatan Biji Gandaria, Prosiding ICIS 2015, Universitas Pattimura, Ambon.

Agustawan,M., dan Adi, M.S.,2012, Pemanfaatan Biji Gandaria, Simposium Kimia Bahan Alam 2016, Universitas Pattimura, Ambon.

Artikel di Jurnal:

Maren, K., dan Paulus, E., 2010. Biodiesel Dari Minyak Bekas, Indo. J. Chem. Res., 2 (2), 1-24.

Maren, K., and Paulus, E., 2010. Bioremediation of Pb and Cd Metal from Inner Ambon Bay Sediment Which Contaminated With Heavy Metal Using Aspergillus niger, Indo. J. Chem. Res., 2 (2), 1-24.

Brahma, R.C.I., Makmur, H., dan Adi, M.S., 2012. Biodiesel Dari Minyak Bekas, Indo. J. Chem. Res., 2 (2), 1-24.

Brahma, R.C.I., Makmur, H., and Adi, M.S., 2012. Bioremediation of Pb and Cd Metal from Inner Ambon Bay Sediment Which Contaminated With Heavy Metal Using Aspergillus niger, Indo. J. Chem. Res., 2 (2), 1-24.

 

Buku yang terdiri dari beberapa artikel:

Maidi, R., dan Paliama, A., 2018. Potensi Adsorben Sebagai Penyerap Fenol, Edisi ke-4, Pattimura Press, Ambon.

Maidi, R., and Paliama, A., 2018. Adsorbent from Nanomaterial, Second Edition, Pattimura Press, Ambon.

 

7. PEMBERITAHUAN HAK CIPTA

Dengan menyerahkan artikel untuk diterbitkan di Jurnal Totem : Architecture, Environment, Region and Local Wisdom maka penulis telah memberikan hak ciptanya kepada jurnal ini untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian mana pun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam database dan transmisinya oleh segala bentuk atau media, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik diperkenankan selama mencantumkan artikel (nama penulis, tahun, judul dan nama Jurnalnya). Dewan Editor Jurnal Totem akan terus memastikan bahwa tidak ada data, opini, atau pernyataan yang salah, menyesatkan atau akan menimbulkan polemik terpublikasi di jurnal ini.

8.PERNYATAAN PRIVASI

Editor Jurnal Totem akan menyimpan identitas yang dimasukkan di situs jurnal ini secara rahasia dan digunakan hanya untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan diberikan untuk tujuan lain atau ke pihak lain tanpa persetujuan dengan penulis.

Template dapat di Unduh di:   Template Bahasa Indonesia        Template In English

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.

Penulis dapat menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apapun.

Penulis dapat mengubah ulang dan mengembangkan materi untuk tujuan apapun, bahkan secara komersial.

 

Privacy Statement

Semua nama dan alamat email yang dimasukkan kedalam Jurnal Totem akan disimpan dan digunakan secara hati-hati dan bertanggungjawab hanya untuk keperluan korespondensi jurnal, dan tidak digunakan untuk keperluan selain jurnal.