PERENCANAAN REST AREA TERAPUNG PENEKANAN NEO VERNAKULAR DI KECAMATAN KOTA BANGUN

Hanna Affrila S.P, Wardhana Wardhana, Mahdalena Risnawaty

Abstract


Di Kalimantan Timur terdapat transportasi air yang menjadi penghubung antar daerah Kota Samarinda dengan Kabupaten Kutai Barat yang sudah ada sejak puluhan tahun dan masih banyak diminati masyarakat sebagai moda transportasi penumpang dan barang hingga kini. Kecamatan Kota Bangun sebagai tempat persinggahan transportasi air yang sudah berjalan selama puluhan tahun, namun hingga kini masih belum tersedia tempat serta fasilitas khusus yang mendukung tempat peristirahatan. Kecamatan Kota Bangun juga menjadi titik pertengahan antara Kota samarinda dengan Kabupaten Kutai Barat. Perencanaan Rest Area terapung ini merupakan jawaban dari permasalahan yang ada untuk menciptakan tempat peristirahatan sementara bagi pengguna transportasi air beserta fasilitasnya. Dengan penekanan arsitektur Neo Vernakular diharapkan dapat menjadikan Rest area terapung ini sebagai landmark bagi daerahnya.


Keywords


Kecamatan Kota Bangun, Perencanaan Rest Area Terapung, Arsitektur Neo Vernakular

References


Adha dkk. (2018). Perencanaan Kawasan Wisata Rumah Apung Danau Semayang Muara Pela Lama Kecamatan Kota Bangun. Samarinda : Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Fajrine dkk. (2017). Penerapan Konsep Arsitektur Neo Vernakular Pada Stasiun Pasar Minggu.

Harti, Citra Inda (2004). Pengaruh Taman Lingkungan Terhadap Suhu Udara Sekitarnya. Skripsi. Bogor : Institut Pertanaian Bogor.

Juliansyah, Hermawan (2020). Perancangan Kampung Dengan Pendekatan Arsitektur Apung Sebagai Solusi Terhadap Kenaikan Permukaan Air Laut. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.

Peraturan Menteri PUPR No. 10 Tahun 2018, tentang Tempat Istirahat Dan Pelayanan Pada Jalan Tol.

Peraturan Menteri PUPR No. 28 Tahun 2015, tentang Penetapan Garis Sempadan Sungai Dan Garis Sempadan Danau.

Pratama, Meidy (2019). Rest Area Tepian Sungai Di Desa Batu Ampar. Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Rahmitiasari, R., & Antariksa, K.E.S. (2014). Perubahan Arah Hadap Bangunan Pada Perkumikan Tradisional Di Tepi Sungai Kuin Utara, Banjarmasin.

Regita dkk. (2021). Kajian Efektivitas Fungsi Vegetasi Terhadap Kriteria Ruang Terbuka Kampus (Studi Kasus: Indonesia Port Corporation University, Ciawi, Bogor). Universitas Trisakti.

SE Menteri PUPR No. 02/SE/M/2018 Pedoman Perencanaan Tempat Istirahat Pada Jalan Umum.




DOI: https://doi.org/10.31293/ttm.v4i2.6876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.