PERENCANAAN SUZUKI JIMNY CAR CENTER DI KOTA SAMARINDA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ANALOGI

Zulkifly Zulkifly, Prasetyo Prasetyo, Mahdalena Risnawaty

Abstract


Salah satu jenis mobil off-road  yang ada yaitu Suzuki Jimny. Brand Suzuki Jimny sudah dikenal luas oleh pecinta otomotif di Indonesia sejak tahun 1980-an. Suzuki Jimny memiliki generasi dari generasi pertama yang diproduksi pada tahun 1978.  Varian pertama yang dijual secara resmi adalah Suzuki Jimny LJ80. Sekarang Suzuki Jimny sudah sampai pada generasi ke-empat (4) yang diproduksi tahun 2018 dengan varian baru yaitu Jimny JB74 dan Jimny JB64. Karena belum ada pusat penjualan Suzuki Jimny yang lengkap dan memberikan wadah untuk Komunitas Suzuki Jimny maka dibuatlah perencanaan Suzuki Jimny Car Center di Samarinda. Suzuki Jimny Car Center adalah sebuah tempat atau wadah untuk penjualan, servis dan komunitas mobil khusus untuk Suzuki Jimny. Bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada pengguna mobil dan komunitas Suzuki Jimny. Direncanakan Suzuki Jimny Car Center dengan pendekatan arsitektur analogi yang menganalogikan bentuk mobil Suzuki Jimny.


Keywords


Suzuki Jimny Car Center, Analogi, Samarinda.

Full Text:

PDF

References


Taufik Hidayat, Anggana Fitri. (2015) Penerapan Konsep Analogi Pada Bangunan Bentang Lebar. Jakarta: Universitas Muhammadiyah.

Anisa Riski Damayanti. (2018) Perancangan Showroom & Bengkel Toyota Nasmoco Dengan Pendekatan Bentuk Analogi. Tugas Akhir. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Muhammad Muslimin, Ashadi, Penerapan Konsep Arsitektur Analogi pada Bangunan Museum Purna Bhakti Pertiwi, (2022). Jurnal Arsitektur Purwarupa. Jakarta: Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah.

Muslimin Muhammad, Ashadi. (2020). Penerapan Konsep Arsitektur Analogi Pada Bangunan Museum Purna Bhakti Pertiwi dalam Jurnal Arsitektur PURWARUPA. Jakarta: Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah.

Neufert, Ernst. (2002). Data Arsitek Jilid II Edisi 33, Terjemahan Sunarto Tjahjadi, PT. Erlangga, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/ttm.v4i2.7113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.